
Kajian Etnobotani Talas Hias Di Desa Tideng Pala Timur Kabupaten Tana Tidung Dan Potensinya Sebagai Konten Pembelajaran Biologi SMA
Pengarang : Dinda Novia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis talas hias Araceae apa saja yang terdapat di Desa Tideng Pala Timur serta bagaimana potensinya sebagai konten pembelajaran biologi SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif etnografi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Subjek pada penelitian ini adalah warga yang memiliki tanaman koleksi talas hias yang sudah memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 74 spesies tanaman talas hias di Desa Tideng Pala Timur bagian Rt 3 dengan berbagai macam genus yaitu, Alokasia (12). Aglonema (19), Anthurium (3), Caladium (23), Epipremnum (11), Hamalomena (3), Monstera (2), Spathyllum (1), Scandipsus (1), Schismatoglottis (1), Syngonium (4), Philodendron (4). Hasil penelitian ini akan dikaitkan dengan materi pembelajaran biologi SMA kelas X terkait tentang keanekaragaman hayati tingkat sub plantae Araceae berdasarkan KD, KI dan materi pembelajaran yang sudah ditetukan.
Kata Kunci : Kajian Etnobotani Talas Hias Araceae
This research aimed to determine the types of ornamental taro Araceae found in Tideng Pala Timur Village and their potential as high school biology learning content. The research method used in this study was qualitative ethnography. Data collection in this research was carried out through observation, interviews, documentation, and literature study. The subjects of this research were residents who had a collection of ornamental taro plants that met the criteria. The results of this research showed that there are 74 species of ornamental taro plants in Tideng Pala Timur Village, section Rt 3 with various genera, namely, Alokasia (12). Aglonema (19), Anthurium (3), Caladium (23), Epipremnum (11), Hamalomena (3), Monstera (2), Spathyllum (1), Scandipsus (1), Schismatoglottis (1), Syngonium (4), Philodendrons (4). The results of this research will be linked to class X high school biology learning materuial related to sub-plantae-level biodiversity in Araceae based on basic competencies, core compotencies, and learning materials that have been determined. Keywords: Ethnobotanical Study of Ornamental Taro Araceae