
Analisis Efektivitas Pembelajaran IPA Pasca Pandemi Kelas VIII Di SMPN 11 Kota Tarakan
Pengarang : Siti Maimona - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ipa pasca pandemi kelas VIII di SMPN 11 Tarakan. Peneliti melakukan penelitian ini pada guru dan siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran pasca pandemi dalam pembelajaran IPA di SMPN 11 Tarakan sudah efektif. Sebagai bukti bahwa tiga indikator efektivitas pembelajaran menurut Mandagi & Degeng yang disimpulkan kriteria efektivitas sudah terlaksana dengan baik efektif, yaitu : (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik dapat dilihat dari kegiatan guru mengajar guru yang dapat terkendali dengan baik setelah adanya pandemi; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran baik dapat dilihat dari kesiap guru dan siswa saat memulai proses pembelajaran dan semangat siswa yang besar setelah kembalinya proses pembelajaran tatap muka kembali; (3) hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dilihat dari hasil tugas dan ulangan harian siswa saat masa pandemi dan pasca pandemi. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran,Pembelajaran IPA, Pasca Pandemi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ipa pasca pandemi kelas VIII di SMPN 11 Tarakan. Peneliti melakukan penelitian ini pada guru dan siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran pasca pandemi dalam pembelajaran IPA di SMPN 11 Tarakan sudah efektif. Sebagai bukti bahwa tiga indikator efektivitas pembelajaran menurut Mandagi & Degeng yang disimpulkan kriteria efektivitas sudah terlaksana dengan baik efektif, yaitu : (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik dapat dilihat dari kegiatan guru mengajar guru yang dapat terkendali dengan baik setelah adanya pandemi; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran baik dapat dilihat dari kesiap guru dan siswa saat memulai proses pembelajaran dan semangat siswa yang besar setelah kembalinya proses pembelajaran tatap muka kembali; (3) hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dilihat dari hasil tugas dan ulangan harian siswa saat masa pandemi dan pasca pandemi.
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran,Pembelajaran IPA, Pasca Pandemi
Science learning process at SMPN 11 Tarakan T.A 2021/2022 After the Covid-19 Pandemic has been carried out face to face, but still follows the regulations implemented by the government, including always wearing a mask, checking body temperature when entering class, keeping a distance, providing a place to wash hands, and maintaining school cleanliness to avoid the spread of the Covid-19 virus, which is currently compelete disappeared. This study aimed to determine the effectiveness of post-pandemic science learning in class VIII at SMPN 11 Tarakan. The subjects in this research were teachers and students of class VIII. This type of research was descriptive qualitative. Research data collection uses interview, observation and documentation techniques. Data analysis techniques. Data analysis techniques by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions/verification. The validity test of the data using source triangulation techniques. The research results showed the effectiveness that can be concluded from the effectiveness criteria have been implemented well, namely: (1) the teacher’s ability to manage science learning can be seen from the teacher’s teaching activities which can be well controlled after the pandemic; (2) students activity in science learning can be seen from the readiness of teachers and students when starting the learning process, and the students’ great enthusiasm after the face-to-face learning process returns; (3) the completeness of student learning outcomes is classically seen from the differences in students assignment results and finas exams during the pandemic and post-pandemic periods. Keywords: Learning Effectiveness, Science Learning, Post-Pandemic