
Analisis Perilaku Konsumen Dalam Penentuan Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik (Studi Kasus “Bobogreen Hidroponics” Di Kelurahan Kampung Enam, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan)
Pengarang : Hasdiana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Keputusan pembelian konsumen merupakan kegiatan individu yang terlibat secara langsung dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan oleh produsen yang dapat dipengaruhi oleh indikator umur, pekerjaan, gaya hidup, dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perilaku konsumen dalam menentukan keputusan pada pembelian sayuran di Bobogreen hydroponics. (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menentukan keputusan pada pembelian sayuran di Bobogreen hydroponics. (3) mengetahui faktor yang lebih dominan berpengaruh dalam menentukan keputusan pada pembelian sayuran di Bobogreen hydroponics. Penelitian ini dilsanakan di Kota Tarakan pada bulan Juni sampai September 2023. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan analisis deskiriptif kualitatif dengan uji validitas, reabilitas, asumsi klasik, uji F, uji t dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku konsumen dalam mengkonsumsi sayuran hidroponik di Bonbogreen Hydroponics dipengaruhi oleh faktor budaya dengan nilai signifikan sebesar 0,040 dengan presentase 60%, faktor sosial dengan signifikan sebesar 0,007 presentase 93% , dan faktor psikologis dengan nilai signifikan dengan nilai sebesar 0,000 dengan presentase sebesar 100%.
Kata Kunci: Hidroponik, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen
Consumer purchasing decisions are individual activities that are directly involved in making decisions to purchase product offered by producers. These can be influenced by some indicators: age, occopation, lifestyle, and personality. This study aims to (1) describe cunsumer behaviour in determining decisions on purchasing vegetables at bobogreen hydroponics, (2)determine the factors that influancer consumer behavior in determining decisions on purchasing vegetables at bobogreen hydroponics, (3) determine the factors that are more dominant in determining decisions on purchasing vegetables at bobogreen hydroponics. This study was conducted in Tarakan City From June to September 2023. The sampling technique used purposive sampling technique with a total of 30 respondents. This study used qualitative descriptive analysis with validiy, reliability, classical assumptions, F test, t-test and multiple linear regression. The result showed that consumer behaviour in consuming hydroponic vegetables at Bobogreen Hydroponics was influenced by cultural factors with a significant value of 0.040 with a percentage of 60%, social factors with a significant value of 0.007 with a percentage of 93%, and psychological factors with a significant value of 0.000 with a percentage of 100%. Keywords: Hydrooponics, Purchasing Decisions, Consumer Behaviour