
Analisis Tindak Tutur Berbahasa Guru Dengan Siswa Kelas X.A Dalam Kegiatan Praktek Pembelajaran Penjas Di SMA Hangtuah Tarakan
Pengarang : Betharia Suzan Pamain - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Secara umum penelitian ini dapat memberikan berbagai informasi dan pengetahuan dibidang pragmatik. yang pertama adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi direktif, ekspresif, dan asertif. dari tuturan guru penjas di SMA Hangtuah Tarakan pada saat proses praktik pembelajaran penjas berlangsung di lapangan. Sekaligus yaitu untuk Mendeskripsikan fungsi dari masing-masing bentuk tindak tutur ilokusi direktif, ekspresif, dan asertif dari tuturan guru penjas di SMA Hangtuah Tarakan, Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif deskriptif, data penelitian ini adalah bentuk tuturan dari guru kepada peserta didik siswa kelas X.A SMA Hangtuah, adapun Data yang diperoleh yaitu, menggunakan beberapa teknik antara lain teknik rekam, teknik menyimak, dan catat. penentuan data dalam tindak tutur ini adalah berdasarkan pada konteks tuturan, bentuk tindak tutur ilokusi direktif,ekspresif, dan asertif. hasil dari penelitian ini ditemukan 111 data tindak tutur direktif, asertif, dan eskpresif. Guru dengan siswa saat kegiatan praktik pembelajaran berlangsung cenderung lebih banyak menggunakan tuturan yang memiliki tujuan untuk memberi informasi, pengarahan dan pernyataan kepada Mitra tutur
Kata Kunci: Pragmatik, Tindak tutur ilokusi direktif, (direktives), Ekspresif (Ekspresives) dan Asertif (Asertives).
This study generally provided various information and knowledge in the field Of pragmatics. Specifically, the study aimed to know and describe the distinctive forms of directive, expressive, and assertive illocutionary speech acts during Physical Education (PE) leaming practices in the field. Simultaneously, it endeavored to describe the function associated with each form Of directive, expressive, and assertive illocutionary speech acts within the context of PE instruction at SMA Hangtuah Tarakan. Employing a descriptive qualitative research design, the study centered its focus on the communication dynamics between PE teachers and students in class XA at SMA Hangtuah Tarakan. The data collection encompassed a range of techniques, including recording, listening, and note-taking. The analysis hinged on contextual considerations and the identification of directive, expressive, and assertive illocutionary speech acts. The study's findings, comprising Ill instances of directive, assertive, and expressive illocutionary speech acts, shed light on the prevalent communication pattems during learning practice activities. Remarkably, the study highlighted a predilection among teachers for utilizing speech acts geared towards providing information, imparting direction, and making declarative statements to enhance communication efficacy with their students. Keywords: Pragmatics, Illocutionary Speech Acts, Directive, Expressive, Assertive