Redesain Konten Pembelajaran Pada Platform Quipper School Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Daring Di SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Redesain Konten Pembelajaran Pada Platform Quipper School Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Daring Di SMP Negeri 4 Tarakan

Redesain Konten Pembelajaran Pada Platform Quipper School Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Daring Di SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Indah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penggunaan platform quipper school dengan desain baru dan menganalisis respons siswa terhadap platform quipper school. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Desain Based Research melalui empat tahapan (identifikasi dan analisis, pengembangan prototipe, siklus berulang pengujian dan penyempurnaan, dan refleksi). Teknik uji coba yang dilakukan yaitu uji coba skala kecil dan skala besar dengan uji skala besar. Subjek uji coba penelitian ini yaitu sebanyak 30 siswa SMP Kelas VIII. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi produk, tes hasil belajar siswa, dan angket respons peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis validasi uji kelayakan, respons siswa, dan analisis data hasil belajar siswa. Hasil rata-rata tes belajar peserta didik sebelum menggunakan platform quipper school yaitu 57,5 dan setelah melalui platform quipper school nilainya meningkat menjadi 79,33. Hasil redesain konten pembelajaran memperoleh hasil validasi respons guru sebesar 89% (sangat layak), dan respons siswa 95,3% (sangat layak). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahawa redesain konten pembelajaran pada platform quipper school sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA berbasis daring.

Kata Kunci : Platform quipper school, Penelitian dan Pengembangan¸ Desain Based Research

The objective of this study was to analyze the effectiveness of the Quipper school platform with a new design and to evaluate students' responses to this platform. This study aims to analyze the effectiveness of using the Quipper school platform with a new design and to examine students' responses to the Quipper school platform. The study employed a small-scale trial and a large-scale test with 30 Class VIII junior high school students as test subjects. The study employed both qualitative and quantitative data. The research instruments included product validation sheets, student learning outcome tests, and student response questionnaires. Data analysis techniques included validating the feasibility tests, analyzing student responses, and evaluating student learning outcomes. The average result of the students' learning test before using the Quipper school platform was 57.5; after using the Quipper school platform, the score increased to 79.33. The validation results of teacher responses for the redesigned learning content showed a feasibility rate of 89%, while the student responses showed a feasibility rate of 95.3%. Based on these findings, the Quipper School platform's learning content redesign is highly feasible for online-based science learning. Keywords: Quipper School Platform, Research and Development, Design Based Research.

Detail Informasi