
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Pendidikan Biologi UBT (Studi Kasus Pada Mahasiswa Berlatar Belakang Pendidikan Non IPA Pada Jenjang Pendidikan Sebelumnya)
Pengarang : Nurhanisa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih Jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Borneo Tarakan dan mengetahui motivasi mahasiswa yang berlatar belakang Pendidikan non IPA pada jenjang pendidikan sebelumnya dalam memilih Jurusan Pendidikan Biologi. Motode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Tahun Akademik 2022/2023 Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang terdiri dari 18 butir pertanyaan mengenai ” faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam memilih Jurusan Pendidikan Biologi”. Berdasarkan hasil wawancara, faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih Jurusan Pendidikan Biologi yaitu, 1) faktor internal: faktor minat, faktor kemampuan dan keinginan tentang kemajuan diri, faktor cita-cita, faktor persepsi, faktor kesiapan, 2) faktor eksternal: faktor prospek peluang kerja, Faktor dukungan keluarga dan orang tua, faktor masyarakat dan teman. Berdasarkan hasil wawancara terdapat beberapa motivasi mahasiswa berlatar belakang non IPA dalam memilih Jurusan Pendidikan Biologi yaitu: 1) motivasi intrinsik: aspirasi, pengetahuan tentang kemajuan diri, mengembangkan sikap untuk berhasil kearah tujuan tertentu, keinginan siswa untuk belajar, 2) motivasi ekstrinsik: adanya ajakan, arahan atau paksaan dari orang tua.
Kata Kunci: Faktor dan Motivasi Memilih Jurusan Pendidikan Biologi, Mahasiswa Berlatar Belakang Pendidikan Non IPA.
This research aimed to determine the factors that influence students in choosing the Biology Education Department at the University of Borneo Tarakan and to determine the motivation of students with non-science education backgrounds at previous levels of education in choosing the Biology Education Department. The research uses qualitative research with a descriptive approach. The research subjects were students of the 2022/2023 Academic Year, Department of Biology Education, University of Borneo, Tarakan. Data was obtained from observations and interviews consisting of 18 questions regarding "factors that influence student motivation in choosing the Department of Biology Education". The interview results reveald internal and external factor influencing student’ choice of a Biology education Departemnt, including interest, self-advancement, ideals, perception, readiness, and support from family and friends. There were several motivatons for students with non –science backgrounds in choosing the several motivations for students with non-science bankgrounds in choosing the Biology Education Departement, namely: 1) intrinsic motivation: aspirations, knowledge about personal progress, developing attitudes to succeeed towards certain goals, students’ desire to learn; 2) extrinsic motivation: the presence of an invitation, direction or coercion from parents. Keywords: Factors and Motivation for Choosing a Biology Education Major, Students with Non-Science Education Background.