
Pengaruh Pemberian Kuis Berbantu Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMK Kesehatan Kaltara
Pengarang : Darmawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pendidikan adalah salah satu bidang yang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai alat bantu media pembelajaran. Media kahoot merupakan aplikasi kuis pembelajaran interaktif yang memungkinkan guru untuk membuat dan menyajikan berbagai pertanyaan, kuis, diskusi dan survey kepada perserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMK Kesehatan Kaltara. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental desain. Desain penelitian mengunakan nonequivalent control group desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X farmasi sebanyak 20 siswa dan kelas X keperawatan sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu sampling purposive. Instrumen penelitian yang digunakan ialah observasi dan angket/kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 27 uji Normalitas Shapiro-Wilk test, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar yang di uji dengan program SPSS 27 Independent Sample T Test dengan taraf sig 0,001 < 0,05 maka hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, dengan kata lain terdapat pengaruh penggunaan media kahoot terhadap motivasi belajar siswa kelas X farmasi di SMK Kesehatan Kaltara.
Kata Kunci: Media pembelajaran kahoot, motivasi belajar.
Education is one of the sectors that utilizes technological advancement as a learning media tool. Kahoot media is an interactive learning quiz application that allows teacher to create and provide various questions, quizzes, discussions and surveys to stidents. This study aims to determine the effect of Kahoot learning media on the learning motivation of grade X students at SMK Kesehatan Kaltara. This type of research was a quasi-experimental design. The sample in this were class X students consisting of two classes, namely class X pharmacy totaling 20 students and class X nursing totaling 33 students. The sample technique used non probability sampling, namely purposive sampling. The research instrument used were observation and questionnare. Data analysis techniques in this study used the SPSS 27 program Normality test Shapiro-Wilk test, homogeneity test, N-Gain test and Independent Sample T Test. This study indicates that the data of learning motivation test result using the SPSS 27 Independent Sample T Test program showed a sig level of 0,001 < 0,05, so the working hypotesis (Ha) in this study was accepted, in other words there was an effect of using Kahoot media on the learning motivation of class X pharmacy students at SMK Kesehatan Kaltara. Keywords : Kahoot Learning Media, Learning Motivation..