
Perilaku Prososial Siswa Pada Masa Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Dini Nur Saniyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Perilaku Prososial Siswa Pada Masa Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 8 Tarakan”.Program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan. Dibimbing oleh Riski Sovayunanto, S.Psi., M.Si selaku pembimbing utama dan Cici Ismuniar, M.Psi., Psikolog selaku pembimbing anggota. Pada awal tahun 2020 ditemukannya virus baru yaitu covid-19 yang membuat berbagai perubahan salah satunya dibidang pendidikan yang mengharuskan siswa melakukan pembelajaran secara daring. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah perilaku prososial siswa pada masa pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan informan penelitian ini terdiri dari 4 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Teknik pengumpulan data dalam peneleitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaotu metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa adanya perilaku prososial yang disalurkan pada keempat siswa dalam masa pembelajaran daring ditinjau dari aspek berbagi, menolong, bekerjasama dan keempat siswa tidak menerapkan perilaku prososial pada aspek bertindak jujur.
Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran Daring, Perilaku Prososial
In early 2020, a new virus called COVID-19 was discovered. This virus brought about several changes, including a shift towards online learning in the field of education. The purpose of the research was to determine the prosocial behavior of the students during online leaming at SMPN 8 Tarakan. The type of research was descriptive-qualitative. The informants of the study consisted of four students of eight students at ShåPN 8 Tarakan. The study employed interviews and documentation as data collection techniques. The data analysis technique used was the Miles and Huberman method: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the four students exhibited prosocial behaviour during the online learning period by sharing, helping, and cooperating. 1--lowever, they did not demonstrate prosocial behaviour in terms of honesty. Keywords: COVID-19, Online Learning, Prosocial Behaviour