
Strategi Pengembangan UMKM Tahu Dan Tempe Mba Ani Di Kecamatan Bunyu Kabupaten Bulungan
Pengarang : Dwi Arista Ardi Purnama - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi sangat berperan penting dalam mening-katkan pendapatan ekonomi daerah. Tujuan penelitian ini adalah (1) megidentifi-kasi karakteristik pada UMKM tahu dan tempe Mba Ani diKecamatan Bunyu. (2) Untuk merumuskan strategi pengembangan usaha tahu dan tempe Mba Ani diKecamatan Bunyu. Penelitian ini dilakukan di UMKM tahu tempe Mba Ani yang berada di Kecamatan Bunyu Kabupaten Bulungan. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, pihak in-ternal yaitu pemilik usaha dan 3 karyawan serta pihak eksternal yaitu 2 pedagang pasar dan 2 konsumen. Jenis sumber data yaitu Data Primer dan Skunder. Analisis data yaitu dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan Matriks IFAS dan EFAS, Diagram SWOT dan Analisis SWOT. (1) Hasil wawancara terhadap pihak internal UMKM Mba Ani yang menjadi faktor internal kekuatan yaitu : Memiliki alat produksi yang modern, produk merupakan makanan favorit semua kalangan, harga produk terjangkau, sumber daya manusia yang terampil, transportasi yang mendukung, kuantitas dan kontinyuitas hasil produksi tahu dan tempe, sedangkan faktor eksternal peluang yaitu : Adanya pelanggan tetap. Pemanfaatan limbah yang baik, Permintaan tahu dan tempe, Hubungan yang dekat dengan pedagang, Jarak UMKM dekat dengan pasar. (2) hasil data yang d peroleh UMKM Mba Ani berada di kuadran I dengan nilai EFAS 1,81 dan nilai IFAS 0,19 yang artinya keadaan UMKM Mba Ani mendukung strategi agresif. Strategi yang dapat digunakan oleh UMKM tahu tempe Mba Ani dalam usahanya, yaitu strategi SO,1) Menggunakan teknologi yang modern dalam memproduksi tahu tempe, dapat meningkatkan jumlah produksi lebih besar dan dapat memproduksi setiap hari un-tuk mencapai permintaan konsumen yang tinggi, melakukan penjualan dengan melakukan pengantaran di berbagai pasar dengan harga yang terjangkau dan memberikan kepuasan terhadap para pedangang serta pelanggan tetap, memiliki sumber daya manusia yang terampil dan memanfatkan pembuangan limbah pada pemilik ternak.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Mariks IFAS dan EFAS, Strategi Pengembangan
Developing and growing the economy is crucial to raising regional economic income. The purposes of this research were (1) to identify the characteristics of Ms. Ani's tofu and tempeh MSMEs in Bunyu District. (2) to formulate a strategy for developing Ms. Ani's tofu and tempeh business in Bunyu District. This research was conducted at Ms. Ani's tofu and tempeh UMKM located in Bunyu District, Bulungan Regency. The sampling method used in this research was purposive sampling, internal parties namely the business owner and 3 employees and external parties namely 2 market traders and 2 consumers. The types of data sources were Primary and Secondary Data. Data analysis used descriptive analysis techniques and IFAS and EFAS matrices, SWOT diagrams and SWOT analysis. (1) The results of interviews with Ms. Ani's internal MShv'TEs which the internal strength factors were: having modern production equipment, the product was a favorite food for all groups, affordable product prices, skilled human resources, supportive transportation, quantity and continuity of production results tofu and tempeh, while the external factors of opportunity were: the existence of regular customers. Good use ofwaste, Demand for tofu and tempeh, Close relationship with traders, MSMEs were close to the market. (2) the data obtained by Ms. Ani's MSTvfEs was in quadrant I with an EFAS value of 1.81 and an IFAS value of 0.19, which means that the condition of Ms. Anits MSTv1Es supported an aggressive strategy. The strategy that could be used by Ms. Ani's tofu and tempe MSN'1Es in their business, namely the SO strategy, 1) Using modern technology in producing tofu and tempe, could increase production quantities to a greater extent and could produce every day to reach high consumer demand, made sales by making delivery to various markets at affordable prices and providing satisfaction to traders and regular customers, having skilled human resources and utilizing waste disposal for livestock owners. Keywords: SWOT Analysis, IFAS and EFAS Matrix, Development Strategy