
Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Ditinjau Dari Model Context Input Process Product Di SMK Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Lesti Komaria Ulfah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan layanan bimbingan klasikal ditinjau dari model context input process product (CIPP) di SMK Negeri 1 Tarakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan klasika ditinjau dari model contect input process product (CIPP) di SMK Negeri 1 Tarakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang pelaksanaan layanan bimbingan klasikal ditinjau dari model context input process product (CIPP) di SMK Negeri 1 Tarakan. Subyek penelitian ini adalah 1 orang guru BK dan 35 orang siswa untuk mendapatkan informasi tentang layanan bimbingan klasikal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, sedangkan alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan klasikal ditinjau dari model context input process product (CIPP) di SMK Negeri 1 Tarakan sangat cocok. dari konteks, input, proses dan produk dalam layanan bimbingan klasikal. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan klasikal ditinjau dari model context input process product (CIPP) di SMK Negeri 1 Tarakan secara keseluruhan ditemukan bahwa program tersebut dilaksanakan dengan baik.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Klasikal, Model CIPP
The study discussed the implementation of classical guidance services in terms of the Context Input Process Product (CIPP) model at SMK Negeri 1 Tarakan. The problem in this study was how to implement classical guidance services in terms of the Context Input Process Product (CIPP) model at SMK Negeri 1 Tarakan. The aim of this study was to obtain information and clarity regarding the implementation of classical guidance services in terms of Context Input Process Product (CIPP) model at SMK Negeri 1Tarakan. The research subjects consisted of 1 guidance and counseling teacher and 35 students to obtain information about classical guidance services. This study used a qualitative approach with direct communication techniques and data collection tools using observation, interviews, and documentation. The result of the study showed that the implementation of classical guidance services in terms of the Context Input Process Product (CIPP) model at SMK Negeri 1 Tarakan was strongly suitable for application from Context, Input, Process, and Product in classical guidance sevices. In general, it can be conclude that the implementation of classical guidance services in terms of the Context Input Process Product (CIPP) model at SMK Negeri 1 Tarakan was carried out well. Keywords: Classical Guidance Services, CIPP Model