
Pengembangan Media Permainan Uno Stacko Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di SMA Patra Dharma Tarakan
Pengarang : Kumala Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Kurikulum yang diterapkan saat ini merupakan kurikulum merdeka dimana peserta didik berperan sebagai subjek pembelajaran dan diharapkan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga keaktifan peserta didik dalam pembelajaran inilah yang harus ditingkatkan. Salah satu faktor ketidakaktifan peserta didik adalah kurangnya kepercayaan diri, kepercayaan mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam berbagai bidang, termasuk dalam lingkungan sekolah. Dengan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, dan melihat kelayakan media permainan Uno stacko dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research, and Development). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan rumus perhitungan, ditemukan bahwa validasi yang telah dilakukan oleh ahli bahasa sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil validasi ahli materi sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Pada validasi ahli desain sebesar 80% dengan kategori sangat layak. Adapun untuk kelayakan media produk yang telah diuji kepada siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Perolehan penilaian indikator kepercayaan diri siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar 86% dengan predikat sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kepercayaan diri siswa dapat dikatakan sangat tinggi. Dapat dikatakan bahwa media permainan Uno Stacko ini layak untuk digunakan dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Media Permainan, Uno Stacko
Independent curriculum where students act as the subject of learning and are expected to be active in learning activities. The activeness of students in learning must be improved. One of the factors of students' inactivity is the lack of self-confidence; confidence affects one's success in various fields, including in the school environment. It is expected to increase students' confidence and see the feasibility of Uno Stacko game media in increasing students' confidence. The type of research used is R&D (Research and Development). The ADDIE development model comprises Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Based on the calculation formula, linguists' validation was 93%, with a feasible category. Then, the material expert validation results were 92% with a very feasible category. The expert validation is 80% in the design with a very feasible category. As for the feasibility of media products tested on students, the average score is 92%, with a very feasible category. The acquisition of the assessment of student confidence indicators received an average score of 86% with a very high predicate. This research showed that the increase in students' confidence is very high. It can be said that this Uno Stacko game media can increase students' confidence. Keywords: Self-confidence, Game Media, Uno Stacko