
Peran Orang Tua Siswa Dalam Menyikapi Perkembangan Anak Yang Berada Di Kelas Autis SLB Negeri Kota Tarakan
Pengarang : Yanti Ramadhani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Peran Orangtua Siswa Dalam Menyikapi Perkembangan Anak Yang Berada dikelas Autis Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Tarakan”, oleh Nurul Fadilah, S.Pd. I., M.Pd selaku pembimbing utama dan Emmy Ardiwinata, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing anggota. Peran orangtua sangat penting bagi kehidupan anak terutama pada anak berkebutuhan khusus dalam mengasuh, mendidik, membimbing serta bertanggung jawab terhadap perkembangan anak. Akan tetapi kenyataannya orang tua masih merasa malu ketika mengetahui bahwa perilaku dan komunikasi anaknya berbeda dengan anak pada umumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orangtua siswa dalam menyikapi perkembangan anak yang berada dikelas autis SLB Negeri Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek terdiri dari dua orang yaitu, wali kelas dan orangtua. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan metode yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini peran orangtua dalam menyikapi perkembangan anak autis sangat penting dan sangat diperlukan dalam perkembangan anak. Terutama dalam gangguan komunikasi, perilaku dan emosi pada anak autis. Peran orangtua dalam komunikasi masih kurang dikarenakan kurangnya perhatian serta bimbingan secara khusus yang diberikan oleh orangtua, gangguan perilaku orangtua bersikap acuh dan tidak acuh terhadap anaknya, tidak peduli terhadap perilaku yang terjadi pada anak, gangguan emosi anak orangtua belum mengetahui dan belum memiliki cara khusus untuk membuat rasa nyaman dan mengendalikan emosi anak dengan sendiri, orangtua masih memerlukan bantuan dari beberapa ahli dalam perkembangan komunikasi, perilaku dan emosi yang terjadi pada anak.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Perkembangan Komunikasi, Perilaku, Emosi, Anak Autis
The parental rolé is crucial for the children's lives, particularly those with special needs, since it encompasses nurturing, instructing, directing, and assuming accountability for their growth and progress. Nevertheless, parents experience embarrassment upon discovering that their child's behavior and speech deviate from the typical behavior exhibited by other children. The objective of this study was to ascertain the parental involvement in addressing the establishment of children with autism at State Special School Tarakan. This study employs a qualitative methodology utilizing a case study technique. The subjects in the study were the homeroom teacher and parents. The research included interviews and documentation as the data collecting methods. The methodologies employed encompassed data reduction, data display, and conclusion using data analysis approaches. The findings demonstrated the crucial significance of parental involvement in addressing the developmental needs of children with autism, particularly in communication, behavioral, and emotional challenges experienced by these children. The parents' role in communication seeks enhancement as a result of insufficient attention and guidance provided by parents, behavioral disorders, parental indifference towards their children, disregard for children's behavior, emotional disturbances in children, and parents' lack of knowledge and specific strategies to address these issues. Parents often seek guidance from specialists for children's communication, behavior, and emotional development to foster children's emotional autonomy and create a sense of ease. Keywords: Parental Role, Communication Development, Behavior, Emotion, Autistic Children