Strategi Recovery Learning Loss Pada Pembelajaran Matematika Di MTs Al-Anshar Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Recovery Learning Loss Pada Pembelajaran Matematika Di MTs Al-Anshar Tanjung Selor

Strategi Recovery Learning Loss Pada Pembelajaran Matematika Di MTs Al-Anshar Tanjung Selor

Pengarang : Jusdi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru Matematika di MTs Al-Anshar Tanjung Selor dalam pemulihan terhadap hilangnya kemampuan belajar Matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang dilakukan terdiri dari beberapa langkah yang interaktif: menyiapkan semua data yang telah terkumpul, membaca data secara berulang-ulang untuk memahami semua data, membuat kode pada data yang terkumpul, menentukan tema dan deskripsi melalui kode yang telah dibuat, mendeskripsikan tema yang sudah ditetapkan, menginterpretasi tema dan deskripsi tersebut, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, temuan tentang bagaimana strategi guru dalam pemulihan terhadap hilangnya kemampuan Matematika siswa: memanfaatkan platform Alef, menerapkan pembelajaran yang interaktif, memberikan jam tambahan, melakukan pendekatan personal, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, dan membuat lembar kerja peserta didik.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Recovery Learning, Strategi Guru, Studi Kasus

This study aimed to describe the strategies used by the Mathematics teachers at MTs Al-Anshar Tanjung Selor to recover students learning loss in Mathematics. This study adopted a qualitative approach with a case study research design, utilizing interviews, documentation, and observation as data collection techniques. The interactive data analysis involved detailed steps which consisted of preparing all the data that were collected, reading the data repeatedly to understand all the data, making cods on the data collected, determining themes and descriptions through the cods the were made, describing the themes were determined, interpreting the themes and descriptions, and drawing conclusions. Based on the results of the data analysis, the findings on how the teachers' strategies in recovering from the loss of students' Mathematics skills were by utilizing the Alef platform, implementing interactive learning, providing additional hours, taing a personal approach, using veried teaching methods, and creating student worksheets. Keywords: Mathematics Learning, Recovery Learning, Teacher Strategies, Case Study

Detail Informasi