Analisis Penerapan Prinsip Pembelajaran Abad 21 Di SMA Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Penerapan Prinsip Pembelajaran Abad 21 Di SMA Negeri 2 Tarakan

Analisis Penerapan Prinsip Pembelajaran Abad 21 Di SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Deasy Putri Intan Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prinsip pembelajaran abad 21 telah diterapkan dalam proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data. Subjek penelitiannya yaitu 3 orang guru yang mengajar mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Tarakan dengan penentuan sampel menggunakan Purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian penerapan prinsip pembelajaran abad 21 di SMA Negeri 2 Tarakan : 1) Instruction should be student-centered, guru membebaskan siswa mengumpulkan tugas berbagai bentuk seperti menanggapi dan bertanya, bebas dalam mencari sumber belajar, memberikan fasilitas yang memadai dalam proses pembelajaran dan menggunakan model discovery learning dan collaborative learning; 2) Education should be collaborative, guru membentuk siswa dalam kelompok secara heterogen dan bertindak sebagai mediator; 3) Learning should have contex, guru menggunakan pembelajaran kontekstual agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa; 4) Schools should be integrated with society, guru hanya memberikan izin dan mendukung siswa saat melakukan kegiatan sosial yaitu pengumpulan dana untuk disumbangkan pada korban bencana (kebakaran beringin) sedangkan poin yang lain belum dilakukan guru.

Kata kunci : Prinsip, Pembelajaran, Abad 21, Guru, Siswa

This research aims to determine how 21st -century learning principles have been applied in the biology learning process at SMA Negeri 2 Tarakan. This research is qualitative descriptive study. Data collection for the research is observation, interviews and documentation. Data analysis involves data reduction, data presentation and conclusion. Source tringulation is employed to the validity of the data. The research subjects are three teachers who taught Biology subjects at SMA Negeri 2 Tarakan with sample determination using purposive sampling. The results find the implementation of 21st-century learning principles at SMA Negeri 2 Tarakan: 1) Instruction should be student-centered, students' flexibility to collect assignments in various form such as responding and asking question, searching for learning resources, and collaborative learning models; 2) Education should be collaborative, teachers and students are in heterogeneous groups and act as mediator; 3) Learning should be contextual, teachers use contextual learning so that learning is more meaningful for students; 4) Schools should be integrated with society, teachers only give permission and support students when carrying out social activities, and collecting funds to donate to disaster victims (banyan fires) while teachers have not carried out other points. Keywords: Principles, Learning, in the 21st Century, Teachers, Students

Detail Informasi