
Penerapan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Kreativitas Anak Usia Dini Di Lapak Ajaib Tarakan
Pengarang : Nur Heriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Ditemukan anak usia dini yang kurang terfasilitasi dalam pengembangan kreativitasnya ketika anak sulit dalam menentukan ide saat menggambar, menentukan warna dan anak kurang menuangkan imajinasinya untuk menciptakan karya, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan kelompok dan hasil penerapan bimbingan kelompok dalam pembentukan kreativitas anak usia dini di Lapak Ajaib Tarakan di tinjau dari aspek pengembangan kreativitas 4P (Pribadi, Pendorong, Proses dan Produk). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitataif deskriptif dan informan penelitian ini terdiri dari 2 orang mentor Lapak Ajaib dan 5 orang anak usia dini yang tergabung di Lapak Ajaib. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data, yaitu menggunakan metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan bimbingan kelompok di Lapak Ajaib dilakukan melalui tahap perencanaan dimana dalam tahap ini mempersiapkan berbagai macam perlengkapan, mencatat kebutuhan perkembangan anak usia dini sebelum pelaksanaan bimbingan atau belajar mengajar, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan mentor sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah direncanakan, dan evaluasi kegiatan belajar dan pembelajaran ini dilakukan kepada mentor guna memberikan wawasan terkait dengan ekfektivitas penerapan bimbingan kelompok dalam mengembangan kreativitas anak usia dini di Lapak Ajaib Tarakan.
Kata Kunci: Kreativitas, Bimbingan Kelompok
Early childhood children were less facilitated in developing their creativity when they had difficulty determining ideas when drawing and selecting colors and needed to express their imagination more to create works. This research was conducted to find out how group guidance is implemented and the results of the application of group guidance in the formation of creativity in early childhood at Lapak Ajaib Tarakan. It was investigated from the aspect of 4P creativity development (Personal, Driving, Process, and Product). This research type was a descriptive qualitative method, and the informants for this research consisted of 2 Lapak Ajaih mentors and five young children as members of Lapak Ajaib Data collection techniques were interviews, observation, and documentation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman method data reduction, presentation, and conclusion. The results found that the implementation of group guidance at Lapak Ajaib was carried out through the planning stages like preparing various kinds of equipment, recording the development needs of early childhood children before Implementing guidance or teaching and learning, implementing learning with mentors following the planned learning materials, and evaluating learning and learning activities with mentors to provide insight regarding the effectiveness of implementing group guidance in developing creativity in early childhood at Lapak Ajaib Tarakan Keywords: Creativity, Group Guidance