Komunikasi Interpersonal Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Komunikasi Interpersonal Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan)

Komunikasi Interpersonal Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan)

Pengarang : Indah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh komunikator kepada komunikan secara tatap muka sehingga menimbulkan komunikasi timbal balik atau dengan kata lain orang yeng menerima informasi tidak hanya seorang tapi bisa lebih dari seorang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal siswa yang menjadi subjek kunci di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penelitian ini mendeskripsikan kurangnya komunikasi interpersonal pada siswa yang menjadi subjek kunci, hal tersebut dipicu oleh sistem sekolah yang berbasis agamais dengan menerapkan segregasi gender, selain itu minimnya interaksi antar sesama warga sekolah hingga saling tidak mengenal satu sama lain. Fokus dalam penelitian ini adalah pemenuhan komunikasi interpersonal pada subjek kunci berdasarkan pada indikator keterbukaan, sikap positif dan empati. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, terdiri dari 1 informan kunci dan 2 informan pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian ini berdasarkan wawancara dan dokumentasi yang ada, maka kurangnya komunikasi interpersonal pada siswa tidak menjadikan siswa terbelakang dari siswa aktif lainnya dari segi kepribadian diri maupun sisi akademiknya di sekolah.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Segregasi Gender

Interpersonal communication refers to the exchange of information between individuals in a direct, face-to-face manner, resulting in a mutual exchange of communication. The news is not limited to a single recipient it can be disseminated to multiple individuals. The objective of this study was to provide a comprehensive description of students’ interpersonal communication, a crucial topic at the Tarakan State Madrasah Aliyah. This study examines the absence of interpersonal communication among students, who are essential individuals, due to a religious-based educational system that enforces gender segregation. Addictionally, there needs to be more interaction among fellow school members, resulting in limited familirity. This study centres on archieving effective interpersonal communication on essential topics through indicators susch as openness, positive attitudes, and empahty. This study employs a qualitative reserach methodology, specifiacally utilizing a case study design. The research involves one primary informant and two addtional informant who provide supporting information the research employed interviews and documentation as data collecting amthodologies. The data analysis techniques include the Miles and Huberman method, encompassing data reduction, data display, and conclusion. Based on interviews and existing documentation, the research findings indicate thate teh absence of interpersonal communication among kids does not result in a deficiency in their personality or academic performance compared to other actively engaged students at school. Keywords: Interpersonal Communication, Gender Segregation

Detail Informasi