
Pengaruh Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tahun Ajaran 2022/2023
Pengarang : Afifa Fitria Nengsi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pengaruh Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Kemampuam Membaca Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tahun Ajaran 2022/20223. Merupakan proses perubahan kemampuan membaca pada siswa yang terjadi di sekolah. Dalam hal ini perubahan merupakan sesuatu yang dilakukan secara sadar (disengaja) dan bertujuan untuk memperoleh suatu yang lebih baik dari sebelumnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh teknik permainan ludo terhadap kemampuan membaca pada siswa di SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekpirimen dengan populasi 10 siswa Teknik Pruposive Sampling. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa berdasarkan hasil dengan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Pada pemberian pretest dari 10 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian, terdapat 5(50%) siswa yang memiliki kemampuan membaca yang sangat rendah, 5(50%) siswa memiliki kemampuan membaca yang rendah. Pada pemberian posttest terdapat 9(90%) siswa yang memiliki kemampuan membaca sangat tinggi, 1(10%) siswa yang memiliki kemampuan membaca tinggi.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Permainan Ludo, Kemampuan Membaca
The Effect of the Ludo Game to improve reading skill of Class V Students at SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal Academic Year 2022-2023. At School, Students’ reading skil undergo a process of change. The objective of the change in this situation is to achieve something that is better than is was before. This study’s objective was to ascertain the effect of the ludo game on students’ reading skill at SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan. Ten students using the Pruposive Sampling Technique made up the population of this experimental in this quantitative study. Based on the analysis result, it was determined that the Wilcoxon test was used to evaluate the hypothesis. When the 10 students in the research were given a pretest, 5 (or 50%) had very low reading skill and 5 (or 50%) had low reading skill. 9 (90%) of the students who took the posttest had extremely high reading skill, and 1 (10%) had high reading skill. Keywords: Group Counseling, Ludo Game, Reading Skill