
Pelaksanaan Etika Konseling Confidentiality Guru Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023
Pengarang : Izyul Mawardi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Etika konseling adalah suatu aturan yang harus dilakukan oleh seorang konselor dan hak-hak klien yang harus dilindungi oleh seorang konselor harus bertanggung jawab kepada kliennya dan dirinya sendiri. Confidentiality atau (asas kerahasiaan) adalah yaitu asas bimbingan dan konseling yang menuntut dirahasiakannya segenap data dan keterangan tentang peserta didik (konseli) yang menjadi sasaran layanan, yaitu data atau keterangan yang tidak boleh dan tidak layak diketahui orang lain, dalam hal ini guru pembimbing berkewajiban penuh memelihara dan menjaga semua data dan keterangan itu, sehingga kerahasiaannya benar-benar terjamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan etika konseling confidentiality guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan utama dalam penelitian ini adalah dua orang guru bimbingan dan konseling dan satu orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penerapan asas kerahasiaan dalam pelaksanaan etika konseling Confidentiality oleh guru bimbingan dan konseling Di SMP Negeri 3 Tarakan.
Kata Kunci: Pelaksanaan Etika Konseling Confidentiality
Counseling ethics are rules a counselor must follow, and clients' rights must be protected. A counselor must be responsible to his clients and himself. Confidentiality or (principle of secrecy) is the principle of guidance and counseling that requires the confidentiality of all data and information about students (counselees) who are the target of services, namely data or information that is not allowed and is not appropriate for other people to know, in this case, the supervising teacher is obliged to fully maintain and protect all data and information, so that its confidentiality is genuinely guaranteed. This research aimed to determine the implementation of confidentiality counseling ethics for guidance and counseling teachers at SMP Negeri 3 Tarakan for the 2022/2023 academic year. In this research, the researcher implemented qualitative descriptive research. The primary informants in this research were two guidance and counseling teachers and one student-data collection techniques through interviews and documentation methods The data analysis technique in this research applied data reduction techniques, data presentation, and conclusions. The results of this research involved the principle of confidentiality in implementing Confidentiality counseling ethics by guidance and counseling teachers at SMP Negeri 3 Tarakan. Keywords: Implementation of Confidentiality Counseling Ethics