Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Media Video Edukasi Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Media Video Edukasi Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Media Video Edukasi Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Muhamad Romi Akmal - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan media video edukasi dalam mengurangi perilaku bullying siswa. Perilaku bullying merupakan segala bentuk penindasan dan kekerasan yang dilakukan seseorang atau kelompok dengan tujuan menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif melalui metode eksperimen dengan desain pre test pos test one group design setra pengumpilan data melalui skala. Teknik pengambilan sampel dilakukan teknik purposive sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 sampel dari 45 populasi yang terdiri dari siswa kelas XI. Hasil dari penelitian menunjukan nilai t hitung -11.213 probabilitas 0.000 < 0,05 menujukan terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan media video edukasi dalam mengurangi perilaku bullying siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tarakan.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Media Video Edukasi, Perilaku Bullying

This research aimed to determine the effect of group guidance using educational video media in reducing student bullying behavior. Bullying behavior is any form of oppression and violence carried out by a person or group to cause harm and is carried out continuously. The type of this research is quantitatively used an experimental method with a pre-test and post-test one-group design and data collection using a scale. The sampling technique was carried out using a purposive sampling technique. The number of samples in this research was fifteen (15) subjects from 45 populations consisting of class XI students at SMK Negeri 3 Tarakan. The results showed a t value of -11.213 with a probability of 0.000 < 0.05, which showed that there was an influence of group guidance using educational video media in reducing bullying behavior in class XI students at SMK Negeri 3 Tarakan. Keywords: Group Guidance, Educational Video Media, Bullying Behavior

Detail Informasi