
The Effect Of English Video Blog On Students Speaking Skill At SMPN 9 Tarakan
Pengarang : Windi Dwi Pratiwi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
English video blog merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari English video blog terhadap keterampilan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris di SMPN 9 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental kuantitatif. Partisipan penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-3 SMPN 9 Tarakan. Pengumpulan data utama dalam penelitian ini adalah speaking test dengan focus fluency, pronunciation, grammar, vocabulary dan comprehension. Data di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-tabel lebih kecil dibandingkan dengan t hitung, yaitu tt = 1,699 dan t0 (thitung) = 7,462 (t0 > tt). Selain pendekatan probabilistik, uji t menunjukkan bahwa sig (2-tailed) adalah 0,000 dan tingkat signifikansinya adalah 0,05. Hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak karena Sig. (2-tailed) kurang dari tingkat signifikansi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa English Video Blog memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris.
Kata Kunci: English Video Blog, Keterampilan Berbicara Siswa.
Students’ ability to speak English can be enhanced through the usage of English video blogs as learning tool. The purpose of this study was to determine whether English video blogs at SMPN 9 Tarakan had a noteworthy impact on students’ English speaking skill. Quantitative pre-experimental research technique was used in this study. Thirty students from class VIII-3 SMPN 9 Tarakan participated in this study. A speaking test which emphasized on fluency, pronunciation, grammar, vocabulary, and comprehension served as the primary means of gathering data for this study. The paired t-test was used for quantitative data analysis. The study’s findings indicated that t-table, tt = 1.699 and to (t-calculated) = 7.462 (t0 > tt), was smaller than the computed t. The t test indicated that the significance level was 0.5 and the sig (2-tailed) was 0.000 in addiction to the probabilistic technique. Because sig (2-tailed) was smaller than the significance level, the alternative hypothesis (Ha) was accepted and the null hypothesis (H0) was rejected. The analysis’s findings support the conclusion that the students’ English-speaking skill was significantly impacted by the English video blog. Keywords: English Video Blog, Student Speaking Skill