
Kemampuan Numerasi Dasar Siswa Kelas II Di MI Daud Kholifatulloh
Pengarang : Nelly Kusumawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi dasar siswa Kelas II di MI Daud Kholifatulloh. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan numerasi dasar siswa kelas II di MI Daud Kholifatulloh. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan numerasi yang dikonfirmasi melalui wawancara. sebanyak 13 orang siswa menjadi partisipan dalam penelitian dan mengerjakan soal tes kemampuan numerasi dasar siswa yang kemudian dikelompokan berdasarkan level. Ada 5 level kemampuan numerasi dasar yaitu Level pemula, Level 1, Level 2, Level 3, dan Level 4. Setiap soal numerasi masing-masing mewakili indikator dan level kemampuan numerasi. Peneliti menentukan 2 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian yaitu subjek pada level 1 dan level 2. karena Siswa pada level tersebut mampu mengerjakan soal sesuai tingkat kesulitan level dengan baik. Hasil Penelitian menunjukkan deskripsi dari kemampuan numerasi dasar kelas II di MI Daud Kholifatulloh pada level 2 yaitu siswa sudah dapat menentukan pengurangan bilangan cacah. namun siswa tidak dapat menyelesaikan soal numerasi dasar pada level 3 dengan indikator menentukan bilangan ganjil. oleh karena itu siswa ditetapkan masuk pada level 2. Pada penelitian ini peneliti menemukan temuan baru berdasarkan hasil tes siswa kelas II. Berdasarkan indikator yang ada di dalam penelitian, peneliti menemukan data bahwa siswa kelas II, lebih banyak memahami soal numerasi penjumlahan dibandingkan soal mengurutkan bilangan. Dalam hal ini tentu menjadi temuan baru yang dapat diteliti dan didalami lebih lanjut mengapa siswa kebanyakan bisa mengerjakan soal level 4 namun siwa tidak dapatmengerjakan soal pada level pemula, level 1 level 2, level 3 atau dibawah dari level 4.
Kata Kunci: Kemampuan Numerasi Dasar, Level SAC
The study was conducted to describe the basic numeracy skills of Grade II students at MI Daud Kholifatulloh. This study was descriptive qualitative. This research was focused on the basic numeracy skills of grade Il students at MI Daud Kholifatulloh. Data collection was done through numeracy tests, which were confirmed through interviews 13 students worked on basic numeracy test questions, which were then grouped by level Each numeracy question represents an indicator and level of numeracy ability The researcher determined two students who were used as research subjects, namely subjects at level 1 and level 2. The results described the basic numeracy skills of grade II at MI Daud Kholifatulloh at level 1 subject S-1 solved level 1 problems well, and students could correctly determine the value of unit numbers based on numerical numbers below the number 5 Subject S-1 entered the Level 1 category even though the last problem (Level 4) could be solved correctly, but because Level 2 problems and Level 4 problems could not be solved, subject S-1 remained at Level 1 S-2 was able to solve level 2 problems well Subject S-2 entered the Level 2 category even though the last Level 4 problem could be the problem correctly, but because the Level 3 problem S-2 could not be solved, subject S-2 remained at Level 2. Based on the indicators in the study, the researcher found data that grade II students understand more numerical addition problems than the problem of sorting numbers. This new finding about students' ability to work on level 4 problems can be further researched However, students need help to work on problems at the beginner level, level 1, level 2, level 3, or below level 4. Keywords: Basic Numeracy Skills, SACI Levels