
Deskripsi Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di SDN 013 Tarakan
Pengarang : Balan Gun - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini berfokus tentang bagaimana Pelaksanaan dan Pengelolaan Ekstrakurikuler Olahraga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan lokasi penelitian di SDN 013 Tarakan. Sumber data utama kepala sekolah dan pembina ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga di SDN 013 Tarakan terdapat ada 4 (empat) jenis kegiatan ekstrakurikuker olahraga yaitu : sepak bola, futsal, voli dan karate. Pembina yang ditetapkan sebagai penanggung jawab ekstrakurikuler hanya satu pembina. Jumlah keseluruhan siswa-siswi yang ikut dalam kegiatan olahraga adalah 25 peserta, yaitu dari kelas 4 sampai dengan kelas 5. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari selasa dan kamis pada jam 14.00-16.00. Jika pembina berhalangan hadir atau cuaca pada hari tersebut tidak baik, maka pelaksanaan ekstrakurikuler akan diganti ke hari yang lain sesuai arahan dari pembina. Berdasarkan hasil pengelolaan tentang sarana dan prasarana olahraga di SDN 013 Tarakan bahwa hasil menunjukan terdapat sarana yang kurang memadai yaitu peralatan bola voli dalam kategori kurang sekali dengan persentase 16,67% dan peralatan sepak bola dalam kategori kurang sekali dengan persentase 16,67%, kemudian peralatan atletik dalam kategori kurang dengan persentase 40% sedangkan untuk sarana yang memadai yaitu peralatan bola basket dengan kategori sedang dengan persentase 50%, dan peralatan senam dalam kategori baik dengan persentase 62,5%. Untuk prasarana atau lapangan yang ada di SDN 013 Tarakan hanya mengunakan halaman depan sekolah dalam melaksanakan olahraga dan bermian. Ekstrakurikuler olahraga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk melatih dan menggembangkan bakat yang dimilikinya, diharapkan bagi pihak sekolah untuk memperhatikan pelaksanaan kegiatan, sarana dan prasarana yang mendukung proses ekstrakurikuler di sekolah.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Olahraga, Pelaksanaan, Pengelolaan Sarana dan Prasarana
This study was focused on the implementation and management of Extracurricular Sports This study used a quantitative descriptive method with the research setting at State Elementary School 013 Tarakan. The primary data sources were principals and extracurricular coaches. The data collection techniques used were interviews. observations, and document studies the data analysis process through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed four types of extracurricular sports activities football, futsal, volleyball, and karate. Only one coach was appointed as the person in charge of extracurricular activities. The total number of students participating in sports activities was 25 participants from grade 4 to grade 5. Extracurricular activities were conducted on Tuesdays and Thursdays at 14.00-16.00 hours. Based on the results of management of sports facilities and infrastructure at SDN 013 Tarakan, the results showed that there were inadequate facilities, namely volleyball equipment in the inferior category with a percentage of 16.67% and football equipment in the inferior category with a percentage of 16.67%, then athletic equipment in the poor category with a percentage of 40% while for adequate facilities, namely basketball equipment in the moderate category with a percentage of 50%, and gymnastics equipment in the excellent category with a percentage of 62.5%. For sports infrastructure at SDN 013 Tarakan, students only used the school's front yard to carry out sports and play. Extracurricular sports provided opportunities for students to train and develop their talents; it was expected that schools should pay attention to the implementation of activities, facilities, and infrastructure that support the extracurricular process at school. Keywords: Extracurricular Sport, Implementation, Management of Facilities and Infrastructure