Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Aplikasi Tiktok Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis  Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Aplikasi Tiktok Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 11 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Aplikasi Tiktok Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Fatmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 11 Tarakan yang memiliki permasalahan dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dengan model pembelajaran project based learninng dalam aplikasi Tiktok Pada siswa kelas VII-1. Subjek penelitian siswa kelas VII-1 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Penelitian PTK ini terdiri dari dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dari obervasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada dua yaitu teknik penelitian kualitatif dan teknik penelitian kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pengamatan keaktifan siswa, lembar kognitf, lembar afektif, lembar psikomotorik, dan lembar video. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pada lembar pengamatan keaktifan siswa 52%, aspek kognitif 26% aspek afektif 60% dan aspek psikomotorik 55% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dalam menulis teks prosedur dengan media aplikasi Tiktok hal ini dapat dibuktikan dengan lembar pengamatan keaktivitas siswa meningkat menjadi 84%, aspek kognitif meningkat menjadi 76%, aspek afektif meningkat menjadi 85%, dan aspek psikomotorik meningkat menjadi 80% .Dapat disimpulkan pada bahwa menulis teks prosedur menggunakan model pembelajaran project based learning dalam aplikasi Tiktok pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tarakan mampu meningkatkan kemampuan siswa menulis teks prosedur.

Kata Kunci : Menulis, Teks prosedur, Project based learning, Aplikasi Tiktok

This Classroom Action Research (PTK) conducted on class VII-1 students of SMP Negeri 11 Tarakan who had problems in writing procedural texts. This research aimed to improve the ability to write procedural texts using a project based learning model in the Tiktok application for class VII-1 students. The subjects of this research were 30 students in class VII-1, consisting of 16 male students and 14 female students. This Classroom Action Research consists of two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection Data collection techniques used include observation, tests and documentation Data analysis techniques use two methods, namely qualitative and quantitative. The research instruments used were student activity observation sheets, cognitive sheets, affective sheets, psychomotor sheets, and video sheets Based on the results of research in cycle I on the student activity observation sheet, the results obtained were 52%, cognitive aspects 26%, affective aspects 60%, and psychomotor aspects 55% Meanwhile, in cycle Il there was an increase in writing procedural texts using the Tiktok application as evidenced by the student activity observation sheet, the results increased to 84%, the cognitive aspect increased to 76%, the affective aspect increased to 85%, and the psychomotor aspect increased to 80% From the research results, it can be concluded that writing procedural texts using the project based learning model in the Tiktok application for class VII-1 students at SMP Negen 11 Tarakan is able to improve students' writing skills in procedural texts Keywords Writing, procedure text, project based learning, Tiktok application

Detail Informasi