
Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaraan TTW (Think, Talk, Write) Pada Siswa Kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Rezky Nurmayani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah berupaya ingin meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) pada siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Penelitian yang digunakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, yang dimana tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan dengan tahapan 1) tahap perencanaan (planning), 2) tahap pelaksanaan (acting), 3) tahap pengamatan (observing), dan 4) refleksi (reflecting). Penelitian ini berlangsung pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Tarakan yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu, observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian menulis cerita fantasi dan lembar pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan 56%. Kemudian pada siklus I aktivitas siswa memiliki skor 29 kategori Baik. Selanjutnya pada siklus II hasil penilaian belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan menjadi 81% dan aktivitas siswa memiliki skor 35 kategori Sangat Baik. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII-A SMP Muhamadiyah 1 Tarakan.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Cerita Fantasi, Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write)
This research aimed to improve fantasy story writing skills using the TTW (Think, Talk, Write) learning model for VII-A students at SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. The research was classroom action research completed in two cycles, where each process consisted of two meetings carried out in stages: 1) planning stage, 2) implementation stage (acting), 3) observation stage (observing), and 4) reflection. This research was undertaken in the odd semester of the 2023/2024 academic year The subjects of this research were VII-A students, consisting of 10 male students and six female students. The data collection techniques were observation, written tests, interviews, and documentation. The instruments were assessment sheets for writing fantasy stories and observation sheets for teacher and student activities. The results of student learning tests were obtained in each cycle. In cycle I, student learning outcomes were complete at 56%. Then, in cycle I, the student's activities scored 29 in the Good category. Furthermore, in cycle II, the results of student learning assessments obtained 81%, and student activities scored 35 in the Very Good category Applying the TTW (Think, Talk, Write) learning model could improve the fantasy story writing skills of VII-A students at SMP Muhhamadiyah I Tarakan Keywords: Classroom Action Research, Fantasy Stories, TTW Learning Model (Think, Talk, Write)