Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VI SD Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gender | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VI SD Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gender

Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VI SD Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gender

Pengarang : Puja Lailatul Fitri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran disekolah dan keingintahuan penulis untuk melihat seberapa besar peranan kemampuan koneksi dalam pembelajaran disekolah khususnya pembelajaran matematika. Serta terdapat fakta rendahnya koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VI SD dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa hasil tes siswa dan hasil transkip wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa koneksi matematis yang dilakukan subjek perempuan dan laki-laki memiliki hasil yang sama yaitu pada (1) hubungan antar konsep bangun ruang dapat dikatakan baik namun perlu penjelasan ulang untuk memperoleh jawaban yang baik lagi, (2) hubungan antar konsep bangun ruang dengan konsep lain di matematika subjek mampu menemukan informasi dalam soal dan mengaplikasikannya sesuai perintah soal, (3) hubungan matematika dalam kehidupan sehari-hari, subjek dapat menemukan informasi yang diberikan dan memahami mengaitkan indikator yang sesuai.

Kata Kunci: Koneksi Matematis, Bangun Ruang, Gender

The importance of mathematical connection ability in learning at school and the role of connection ability in learning at school, especially learning mathematics was rationalized in this study, as well as the fact that students have low mathematical connections. The study aimed to describe the mathematical connection ability of grade VI elementary school students in solving mathematics problems. This study was descriptive qualitative research. Data collection techniques were in the form of student test results and interview transcripts. The research subjects consisted of two female students and two male students. The results showed that the mathematical connections made by female and male subjects had the same results namely in (1) the relationship between the concept of building space can be said to be good but needs re-explanation to get a good answer again, (2) the relationship between the concept of building space with other concepts in mathematics, the subject was able to find information in the problem and apply it according to the question's instructions(3) the relationship of mathematics in everyday life the subject can find the information given and understand the appropriate indicators Keywords: Mathematical Connection, Building Space, Gender

Detail Informasi