
Efektivitas Strategi Brainwriting Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan
Pengarang : Sukmawaty - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi brainwriting dalam kemampuan menulis puisi siswa SMP Negeri 12 Tarakan. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen pre-test dan post-test, kelompok kontrol dan eksperimen. Kelompok kontrol menggunakan metode konvensional, sementara kelompok eksperimen menerapkan strategi brainwriting dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan selama 14 Hari, mulai tanggal 18 September 2023 - 30 September 2023 di Kelas VIII-5 dan VIII-6 SMP Negeri 12 Tarakan. Sampel di penelitian ini memakai teknik sampling jenuh karena jumlah seluruh siswa kelas VIII-5 dan VIII-6 sebanyak 64 siswa, dan hanya 32 siswa yang digunakan sebagai responden. Hasil dari pengujian paired sample statistik menunjukkan bahwa dari hasil uji pre-test diperoleh hasil rata-rata nilai siswa atau mean sebesar 67.47, sedangkan pada hasil uji post-test diperoleh rata-rata nilai siswa atau mean sebesar 86.03, dengan jumlah siswa yang digunakan sebagai sampel adalah 32 orang siswa, sehingga dapat dideskripsikan bahwa terdapat perubahan rata-rata nilai siswa antara pre-test dan post-test. Dengan kata lain setelah diterapkannya strategi brainwriting, rata-rata nilai siswa menjadi 86.03, sedangkan sebelum diterapkannya strategi brainwriting rata-rata nilai siswa hanya sebesar 67.47. Penerapan strategi brainwriting membuat nilai siswa semakin tinggi dibandingkan dengan sebelum diterapkannya strategi brainwriting dalam menulis puisi. Pada pengujian paired sample correlations, diperoleh hasil pengujian koefisien korelasi (correlation) sebesar 0.475 dengan nilai signifikan (sig) sebesar 0.006. Nilai signifikan (sig) < taraf signifikan (α) = 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pre-test dengan post-test atau dengan kata lain penerapan strategi brainwriting memiliki hubungan dalam melihat nilai siswa dalam menulis puisi. Pada pengujian paired sample t-test menunjukkan hasil nilai (sig) (2-tailed) sebesar 0.000 < taraf signifikan (α) = 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh startegi brainwriting terhadap kemampuan menulis puisi siswa atau dengan kata lain penerapan strategi brainwriting memengaruhi kemampuan menulis puisi siswa.
Kata Kunci: Strategi Brainrwiting, Keterampilan Menulis Puisi
This research aimed to test the effectiveness of brainwriting strategies in the poetry writing abilities of students at SMP Negeri 12 Tarakan. The study employed pre- test and post-test experimental methods, as well as control and experimental groups. The control group involved conventional methods, while the experimental group applied brainwriting strategies. This research was carried out for 14 days, from 18, 2023, to September 30, 2023, in classes VIII-5 and VIII-6. This research used a saturated sampling technique because the total number of students in both classes was 64, and only 32 were respondents. The paired sample statistical test results described that the average student score or mean was 67.47 from the pre-test test results. In contrast, the post-test results obtained an average student score or mean of 86.03, with the number of samples being 32 students, so it described a change in the average student score between the pre-test and post-test. Applying the brainwriting strategy in writing poetry made students' scores higher than before implementing the brainwriting strategy. In the paired sample correlations test, the test results obtained a correlation coefficient of 0.475, with a significant value (sig) of 0.006. The significant value (sig) < significant level (a) = 0.05, it was concluded that there was a relationship between the students' pre-test and post-test in writing poetry. In the paired sample t-test, the results illustrated a value (sig) (2-tailed) of 0.000 < significant level (a) 0.05, then H0 was rejected, and HI was accepted, so it implied that there was an influence of the brainwriting strategy on students' ability to write poetry or with In other words, the application of brainwriting strategies influenced students' ability to write poetry. Keywords: Brainstorming Strategy, Poetry Writing Skills