
Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Bela Novi Lestary - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan berbahasa pada karangan narasi ekspositoris siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menekankan pada deskripsi, maka penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskripsi kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa karangan narasi ekspositoris siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tarakan yang diperoleh menggunakan teknik wawancara, teknik dokumentasi, teknik membaca dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan berbahasa pada karangan narasi ekspositoris siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tarakan yang ditemukan sebanyak 217 kasus kesalahan berbahasa, diantaranya: (1) kesalahan penulisan huruf kapital berjumlah 155 kasus kesalahan, (2) kesalahan penulisan ku-, kau-, -ku, -mu, dan -nya berjumlah 2 kasus kesalahan, (3) kesalahan penulisan preposisi di, ke, dan dari berjumlah 13 kasus kesalahan, (4) kesalahan penulisan partikel pun berjumlah 7 kasus kesalahan, (5) kesalahan penulisan lambang bilangan berjumlah 6 kasus kesalahan, (6) kesalahan penulisan tanda baca berjumlah 5 kasus kesalahan, (7) kesalahan penulisan tanda hubung berjumlah 8 kasus kesalahan, (8) kesalahan penulisan kata (kurang huruf dan kelebihan huruf) berjumlah 6 kasus kesalahan, (9) kesalahan penyingkatan kata berjumlah 13 kasus kesalahan, dan (10) kesalahan semantik penggunaan kata pukul dan jam berjumlah 2 kasus kesalahan. Secara keseluruhan kesalahan berbahasa pada karangan siswa kelas VIII-2 adalah kesalahan ejaan.
Kata kunci: Karangan Narasi Ekspositoris, Kesalahan Berbahasa.
The research goal was to find language errors in the expository, narrative essays of class VIII-2 students at SMP Negeri 1 Tarakan. This research employed qualitative research emphasising description, which was included in the type of qualitative descriptive research. The data in this research were expository, narrative essays from class VIII-2 students obtained using interviews, documentation, reading, and note-taking techniques. The results of this research showed that there were 217 cases of language errors in the expository narrative essays of students in class VIII- 2, including (1) 155 errors in writing capital letters, (2) 2 errors in writing capital letters, -, kau-, -ku, -mu, and -nya, (3) 13 errors in writing prepositions di, ke, and dari, (4) 7 errors in writing particles-pun, (5) 6 errors in writing number symbols, (6) 5 errors in writing punctuation, (7) 8 errors in writing hyphens, (8) 6 errors in writing words (fewer letters and excess letters), (9) 13-word abbreviation errors, and (10) 2 semantic errors in using the words o'clock and clock. The language errors in III-2 students' essays were spelling errors. Keywords: Expository Narrative Essay, Language Errors.