Pengembangan Booklet Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Booklet Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengembangan Booklet Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Nelsie Antonius Kala - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis booklet pada materi sistem eksresi manusia untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and development) yang diadaptasi oleh model Borg & Gall yang terdiri 10 tahap, namun penelitian yang dilakukan hanya sampai tahap sembilan yaitu revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen pendidikan biologi universitas borneo tarakan sebagai ahli materi dan media, guru ipa, serta peserta didik kelas VIII. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi yang dinilai oleh ahli materi, ahli media, praktisi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kelayakan bahan ajar berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan rata-rata pesentase 94,4% (sangat layak), ahli media 97,3% (sangat layak), praktisi 98,5 % (sangat layak). Sedangkan data hasil penelitian dari angket respon peserta didik uji skala kecil mendapatkan rata-rata persentase 79,3% (menarik) dan uji skala besar 86,4 % (sangat menarik). Dengan demikian, produk booklet ini dinilai layak digunakan sebagai bahan ajar untuk peserta didik kelas VIII karena memberikan pengaruh positif dalam mendukung proses pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Booklet, Sistem eksresi manusia

The objective of this study was to create teaching materials in the form of a booklet for eighth-grade students at SMP Negeri 8 Tarakan on the topic of the human excretory system. The research conducted is a type of development research, specifically research, and development, which follows the Borg & Gall model consisting of ten stages. However, this research only covers up to stage nine, which is product revision. The study involved two lecturers of biology education from Borneo University who served as material and media experts, as well as IPA teachers and Grade VIII students. Research data was collected through validation sheets assessed by material experts, media experts, practitioners, and student response questionnaires. The study results indicated that the teaching materials' feasibility quality, based on material expert validation, received an average percentage of 94.4% (indicating high feasibility). The media experts rated it at 97.3% (also indicating high feasibility), while practitioners rated it at 98.5% (again indicating high feasibility). The learner response questionnaire data from the small- scale test showed an average percentage of 79.3% (indicating interest), and the large-scale test showed 86.4% (indicating high interest). Therefore, this booklet is deemed suitable as teaching material for Class VIII students as it positively supports the learning process. Keywords: Teaching material development, Booklet, Human excretory system

Detail Informasi