
Identifikasi Jenis Penilaian Ranah Kognitif Yang Digunakan Oleh Guru Mata Pelajaran Biologi Di SMA Kota Tarakan
Pengarang : Sukmawati Syukur - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis penilaian ranah kognitif yang digunakan oleh guru di SMA Kota Tarakan dan penggunaan dalam pelaksanaan penilaian ranah kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskrptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru biologi SMA Kota Tarakan. Lokasi penelitian di 9 sekolah SMA Kota Tarakan, yang dilaksanakan pada tanggal 08 Mei sampai 31 mei 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara guru mata pelajaran biologi, serta observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian jenis peniliaian yang digunakan oleh yaitu, Guru menggunakan tes objektif pada pilihan ganda dengan bentuk pilihan ganda bebas, pilihan ganda hubungan antarhal, pilihan ganda analisis kasus dan ada juga pilihan ganda bergambar yang digunakan oleh sekolah di SMA Kota Tarakan ketika PTS dan PAS. Bentuk tes objektif isian singkat yang digunakan oleh guru pada saat mengerjakan tugas dan ulangan harian. Bentuk tes objektif benar-salah tidak digunakan oleh guru SMA Kota Tarakan. Sedangkan tes subjektif guru menggunakan tes uraian terbatas.
Kata kunci: Identifikasi, Jenis Penilaian, Pelaksanaan, Ranah kognitif
This study aimed to determine the assessment types of the cognitive domain used by Biology teachers of Senior High Schools in Tarakan City and the use in the implementation of cognitive domain assessment. Employing a qualitative descriptive research design, the investigation focused on Biology teachers in nine Senior High School in Tarakan City, spanning from May 8th to May 31st, 2023. Data Collection involved interviews with Biology teachers, supplemented by observation and documentation. Data analysis was done with several stages including data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The study uncovered diverse assessment types, employed by teachers. Notably, objective, tests featured prominently, including free multiple-choice, relationship-oriented multiple-choice, case analysis-based multiple-choice, and pictorial tests for both mid-term (PTS) and final-term (PAS) assessments. Additionally, teachers utilized short-filling objective tests for assignments and daily evaluations. Surprisingly, the true-false objective test format was absent from the assessment practices. Conversely, subjective assessment took the form of limited description tests. Keywords: Identification, Assessment Types, Implementation, Cognitive Domain