
Deskripsi Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II-A SD Negeri 032 Tarakan
Pengarang : Mohammad Ridho - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Membaca permulaan adalah tahap awal yang diajarkan di sekolah dasar yaitu pada kelas I dan II. Pada tahap ini, siswa diajarkan mengenali huruf, melafalkan huruf, simbol, dan lambang lambang bahasa. Lalu, siswa akan belajar merangkai huruf menjadi suku kata, kata, kemudian menjadi kalimat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa kelas II-A SDN 032 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tingkat akselerasi, yaitu mandiri, berkembang, dan perlu bimbingan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur dan hasil analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat siswa membaca dengan mengeja dan tersendat-sendat. Siswa banyak melakukan kesalahan seperti, penghilangan huruf pada kata, penggantian kata, siswa teburu-buru sehingga tidak memperhatikan tanda baca yang ditemui dan juga kesulitan membedakan huruf yang mirip seperti “q” dan “p” serta “m” dan “n” dengan “w”. Siswa belum sepenuhnya mengenal bunyi huruf, hanya mengetahui nama huruf alfabet secara keseluruhan. Kemudian ada juga siswa yang kesulitan dalam melafalkan suku kata, dan (2) faktor penyebab kesulitan membaca seperti, faktor fisiologis siswa yang mengalami keterlambatan berbicara. Kemudian faktor intelektual siswa yang mengalami kesulitan dalam melafalkan bunyi huruf, suku kata, kata dan kalimat membuat pembelajaran kurang maksimal. Selanjutnya faktor lingkungan siswa, orang tua perlu mendampingi anak belajar membaca. Serta faktor psikologis, siswa kurang dalam memiliki minat membaca dan siswa lebih suka bermain sehingga siswa mengalami kesulitan dalam membaca permulaan.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Membaca Permulaan, SDN 032 Tarakan
Beginning reading is the initial stage taught in elementary schools, namely in grades Land Il. At this stage, students are taught to recognize and pronounce letters, symbols and language symbols. Then, students learn to arrange letters into syllables, words, and sentences. This study describes initial reading abilities and the factors affecting reading difficulties in class [I-A students at SDN 032 Tarakan. The type of research is descriptive qualitative. Research subjects are selected based on the level of acceleration, namely independent, developing, and needing guidance Data are collected using unstructured interviews, and the results are analyzed using qualitative descriptive analysis. The research results illustrate that (1) some students read while spelling and faltering. Students make many mistakes, such as omitting letters in words and replacing words; students are in a hurry, so they do not pay attention to the punctuation marks they encounter and also have difficulty distinguishing similar letters such as "q" and "p" and "m" and "n" from "w" Students do not fully know the sound of letters; they only know the names of the letters of the alphabet as a whole. Then, some students have difficulty pronouncing syllables, and (2) factors affecting reading difficulties, such as physiological factors in students who experience delays in speaking. Then, the intellectual factor of students who need help pronouncing the sounds of letters, syllables, words and sentences makes learning less than optimal. Furthermore, the student's environmental factors, parents need to accompany children to learn to read, As well as psychological factors, students lack interest in reading and prefer to play, so students experience difficulty in beginning reading. Keywords: Reading Ability, Beginning Reading, SDN 032 Tarakan