
Media Permainan Kartu Truth Or Dare Dalam Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 12 Tarakan
Pengarang : Muhsalim - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Sikap sopan santun hidup seseorang yang memiliki nilai-nilai dan norma yang ada dilingkungan masyarakat, prilaku yang tidak merehkan atau merendahkan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan kartu truth or dare dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan populasi yaitu 90 dan sempel berjumlah 12 siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Tarakan. Teknik sampling menggunakan Random sempling dari populasi sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 12 siswa. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik analisis inferensial dan uji paired sampel t.test dengan SPSS versi 26.0. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) yang artinya permainan kartu truth or dare memiliki pengaruh terhadap peningkatan sikap sopan santun siswa di SMP Negeri 12 Tarakan. Pada pemberian pretest dari 12 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian, terdapat 3 (25%) siswa yang memiliki sikap sopan santun yang sangat rendah , 9 (75%) siswa memiliki sikap sopan santun yang rendah. Pada pemberian posttest terdapat 6 (50%) siswa yang memiliki sikap sopan santun sangat tinggi, 6 (50%) siswa yang memiliki sikap sopan santun tinggi. hasil pretest dan posttest pada indikator menghormati orang yang lebih tua, tidak berkata kotor, kasar dan takabur, tidak menyelah pembicaran pada waktu yang tidak tepat, meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang orang lain, memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan, dan mengalami perubahan nilai ditunjukkannya peningkatan pada saat pemberian posttest.
Kata Kunci: Permainan Kartu Truth or Dare, Bimbingan Kelompok, Sikap Sopan Santun
Politeness, an integral aspect of interpersonal relationships, reflects values and norms within a community, emphasizing respectful behavior that avoids belittling or demeaning others. This study aimed to determine the effect of the Truth or Dare card game in improving the attitude of politeness of class VIII students at SMP Negeri 12 Tarakan. Conducted as a quantitative experimental approach, this study encompassed a population of 90 eighth-grade students, with a sample size of 12 selected using a random sampling technique. Data processing involved descriptive analysis, inferential analysis, and a paired sample t-test utilizing SPSS version 26.0. The hypothesis testing result revealed a significant effect of the Truth or Dare card game in improving the attitude of politeness among the eighth-grade students at SMP Negeri 12 Tarakan. This was proven by the probability value which was smaller than the level of significance value (0.000 < 0.05). The pretest indicated 3 (25%) students with very low politeness and 9 (75%) students with low politeness. Contrastingly, the posttest demonstrated a noteworthy improvement, with 6 (50%) students exhibiting very high politeness and the remaining 6 (50%) students displaying high politeness. The pretest and posttest outcomes highlighted positive shifts in indicators such as respect for elders, refraining from inappropriate language or behavior, avoiding interruptions during conversations, seeking permission for entry or item usage, and treating others with empathy. These findings underscored the effectiveness of the Truth or Dare card game in fostering positive character values among students. Keywords: Truth or Dare Card Game, Group Guidance, Attitude Of Politeness