
Hubungan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Tarakan Mata Pelajaran Biologi
Pengarang : Nurul Idha - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa merupakan hal yang saling mempengaruhi. Keduanya harus dapat difasilitasi dalam pembelajaran, agar menjadi bekal bagi siswa untuk bersaing di dunia global. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan keterampilan kolaborasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tarakan pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Tarakan tahun ajaran 2023/2024 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 71 siswa yang diambil dengan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi keterampilan kolaborasi dan angket penilaian afektif keterampilan kolaborasi. Sementara itu teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 23.00 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment, diperoleh nilai koefisien sebesar 0,346, hasil tesebut dibandingkan dengan rtabel = 0,23 pada sig.0,05 dengan N = 71 maka rhitung = 0,346 > rtabel = 0,23, maka hipotesis dalam penelitian ini ”terdapat hubungan antara keterampilan kolaborasi dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tarakan mata pelajaran biologi” diterima.
Kata Kunci : Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar
The purpose of the research was to determine whether there was a correlation between collaboration skills and learning results in biology subject at eleventh grade students of SMA Negeri 4 Tarakan. A collaboration skill is the ability of someone to prioritizes cooperation between group members to solve problems within the group. Meanwhile, learning results are the changes in behavior and abilities owned by their studies consisted of cognitive, affective and psychomotor abilities caused by experiences rather than just one aspect of potential. The research method used in this research was quantitative with a correlational design. The population of the research was all students of SMA Negeri 4 Tarakan in the 2023/2024 academic year. The samples of the research used were 71 students taken with purposive sampling technique. Data collection techniques in the research used were tests, observation sheets of collaboration skills and affective assessment questionnaires of collaboration skills. Data analysis techniques used were descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis with the help of the SPSS 23.00 for windows application. Based on the results of the hypothesis test using product moment correlation analysis, the coefficient value was 0.427, compared to r-table = 0.23 at sig.0.05 with N = 71 then r-counted = 0.427 > r-tabel = 0.23, thus the hypothesis in this research "there is a correlation between collaboration skills and learning results at eleventh grade students of SMA Negeri 4 Tarakan in biology subject was accepted. Keywords: Collaboration Skills, Learning Results