
Hubungan Efikasi Diri Dan Penalaran Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Nunukan
Pengarang : Melviana Toding - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Hubungan efikasi diri terhadap hasil belajar sangat menentukan peningkatan hasil belajar siswa karena dengan efikasi diri siswa mampu merespon dengan aktif serta memberikan solusi atau memecahkan permasalahan hidup yang dihadapi oleh
siswa, dan hubungan penalaran ilmiah terhadap hasil belajar adalah dua hal yang saling berhubungan karena hasil belajar merupakan refleksi dari pemahaman teori yang menjadi komponen utama dalam penalaran ilmiah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan efikasi diri terhadap hasil belajar, penalaran ilmiah terhadap hasil belajar dan efikasi diri dan penalaran ilmiah terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Nunukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional, yaitu penelitian untuk menentukan hubungan antara dua variabel atau lebih. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 2 Nunukan sebanyak 59 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket efikasi diri, tes soal penalaran ilmiah serta dokumentasi rata-rata nilai UAS siswa. Untuk mengukur hubungan efikasi diri dan penalaran ilmiah terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Nunukan, data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji pearson product moment (Tunggal) dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dan penalaran ilmiah secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Nunukan. Hal ini diketahui dari nilai sig. F change sebesar 0,000 dan nilai R hitung sebesar 0,899, sehingga korelasi antara ketiga variabel sangat kuat atau saling berhubungan. Data yang diperoleh bahwa nilai rata-rata efikasi diri, penalaran ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Nunukan termasuk dalam kategori kurang.
Kata kunci: Efikasi diri, Penalaran Ilmiah, Hasil Belajar
The relationship between scientific reasoning and learning outcomes is interconnected because learning outcomes are a reflection of theoretical understanding, which is the primary component of scientific reasoning. The relationship between self-efficacy and learning outcomes also plays a significant role in determining the increase in student learning outcomes. With self-efficacy. students are able to respond actively and provide solutions or solve problems encountered in life. The purpose of this study was to ascertain the association between self-efficacy and learning outcomes, scientific reasoning and learning outcomes, and self-efficacy and scientific reasoning and biology learning outcomes at class X SMA Negeri 2 Nunukan students. This study was an example of a quantitative research project that employed correlational approaches to find the link between two or more variables. Using the Purposive Sampling approach, 59 students from SMA Negeri 2 Nunukan class X Science 1 and X Science 2 served as the sample for this study. Self-efficacy surveys, questions from scientific reasoning exams, and records of students' average UAS scores were the instruments utilized in this study. Data was analyzed using descriptive analysis, Pearson product moment test (Single) and multiple correlation test to assess how self- efficacy and scientific reasoning relate to biology learning objectives in the classroom. The study's findings indicated that self-efficacy and scientific reasoning had a good and substantial link with the biology learning outcomes at class X SMA Negeri 2 Nunukan. The sig value provided the information that there was a very strong or linked correlation between the three variables, as indicated by the F change of 0.000 and the computed R value of 0.899. According to the data gathered, class X SMA Negeri 2 Nunukan students' average values for self-efficacy, scientific reasoning, and biology learning outcomes fell into the low category. Keywords: Self-efficacy, Scientific Reasoning, Learning Results