Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas V SD Negeri 026 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas V SD Negeri 026 Tarakan

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas V SD Negeri 026 Tarakan

Pengarang : Dini Harmadani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Efektif untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas V SD Negeri 026 Tarakan. Bimbingan kelompok merupakan upaya bimbingan yang diberikan kepada sejumlah individu yang dilakukan secara bersama-sama, bertujuan membantu mereka yang belum berpengalaman dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang tepat. Adapun kedisiplinan merupakan sikap dan perilaku yang mencerminkan ketaatan dan ketepatan waktu terhadap peraturan, dan standar yang berlaku. Adapun pelanggaran peraturan yang umum terjadi di sekolah sebagai contoh peserta didik tidak mengenakan pakaian sekolah yang lengkap dan datang terlambat, tidak mengumpulkan tugas pada waktunya, bicara dalam kelas saat guru menjelaskan, tidur di kelas dan lain-lain. Maka dari itu kedisiplinan di sekolah perlu di perhatikan dan diatasi. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design menggunakan One Group Pretest- Posttest dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas V SD Negeri 026 Tarakan yang berjumlah sebanyak 55 siswa dan penarikan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling berjumlah 10 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala kedisiplinan berdasarkan teori (Daryanto & Surytri, 2013), teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji hipotesis Paired Sample T-test. Adapun uji Paired Sample T-Test menggunakan software SPSS 29.0 for mac. Hasil analisis data dari uji Paired Sample T-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,007 < 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas V SD Negeri 026 Tarakan. Berdasarkan dari hasil skor Pre-test yang di peroleh 10 siswa sebagai sampel penelitian ini terdapat 4 siswa memiliki tingkat kedisiplinan tinggi, 6 siswa memiliki tingkat kedisiplinan sedang, dan 1 siswa memiliki tingkat kedisiplinan rendah. Pada hasil Post-test terdapat 9 siswa memiliki tingkat kedisiplinan tinggi dan 1 siswa memiliki tingkat kedisiplinan sedang.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan

This study aims to determine the Influence of Effective Group Guidance Services to Improve the Fifth Grade Students' Discipline at SD Negeri 026 Tarakan. Group guidance is a guidance effort given to a number of individuals carried out together, aiming to help those who are inexperienced in planning and making the right decisions. Discipline is an attitude and behavior that reflects obedience and punctuality to applicable rules and standards. As for violations of regulations that commonly occur in schools, for example students do not wear the full school uniform and come late, do not submit assignments on time, talk in class when the teacher explains, sleep in class and others. Therefore, discipline in schools requires to be considered and addressed. This research was a Pre-Experimental Design research using One Group Pretest-Posttest with a quantitative approach involving a population of fifth grade students of SD Negeri 026 Tarakan which amounted to 55 students and the sampling used was Simple Random Sampling totaling 10 students. The research instrument was a discipline scale based on theory (Daryanto & Suryatri, 2013), data analysis techniques used descriptive and inferential analyses with the Paired Sample T-test hypothesis test. The Paired Sample T-Test test used SPSS 29.0 software for mac. The results of data analysis from the Paired Sample T-test test obtained a Sig (2-tailed) value of 0.007 < 0.005, so Ho was rejected and Ha was accepted. It means that group guidance services are effective for increasing the discipline of fifth grade students of SD Negeri 026 Tarakan. Based on the results of the Pre-test score obtained by 10 students as the sample of this study, 4 students had a high level of discipline, 6 students had a moderate level of discipline, and 1 student had a low level of discipline. In the post-test results, 9 students had a high level of discipline and 1 student had a moderate level of discipline. Keywords: Group Guidance, Discipline

Detail Informasi