Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir Siswa | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir Siswa

Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir Siswa

Pengarang : Winda Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal Penilaian Akhir Semester (PAS) mata pelajaran matematika berdasarkan level berpikir siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Malinau Barat. Objek dalam penelitian ini adalah naskah butir soal penilaian akhir semester genap tahun ajaran 2022/2023 mata pelajaran matematika kelas VII SMPN 4 Malinau Barat. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi. Dokumen soal PAS dianalisis level berpikirnya, kemudian divalidasi oleh 2 validator dari akademisi Dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal PAS yang digunakan di SMPN 4 Malinau Barat komposisi soalnya belum baik, karena masih didominasi oleh soal MOTS sebanyak 66,67%. Sedangkan soal LOTS dan MOTS tidak memiliki persentase yang sama yaitu berturut-turut 6,67% dan 26,67%.

Kata Kunci: Analisis Soal Penilaian Akhir Semester, Level Berpikir Siswa

The purpose of this study was to evaluate Mathematics Final Semester Assessment(PAS) problems based on students’ thinking level. Qualitative research was employed in this study. The study was conducted at SMPN 4 Malinau Barat. The object of this research was the final assessment question paper for the even semester of the 2022/2023 academic year for class VII mathematics subjects at SMPN 4 Malinau Barat. Documentation procedures were employed as the method of data collection in this study. The PAS question documents were analyzed for their level of thinking, then validated by 2 validators from academic lecturers. The results of the research showed that the composition of the PAS questions used at SMPN 4 Malinau Barat was not good, because they were still dominated by MOTS questions as much as 66.67%. Meanwhile, LOTS and MOTS questions did not have the same percentage, namely 6.67% and 26.67% respectively. Keywords: Analysis of Final Semester Assessment Questions, Students’ Thinking Level

Detail Informasi