
Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Nur Cahyani Mukti Wardhani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pendekatan asosiatif menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah kelas XI. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling sebanyak 235 siswa. Teknik pengumpulan dataa dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistika deskriptif, statistika inferensial, analisis regresi linear sederhana, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika dengan persamaan regresi Y=51,262-0,922 X_1 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan, sebaliknya tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan persamaan regresi Y=42,147+0,000 X_2. Hasil Penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan dengan persamaan regresi Y=51,804-0,923 X_1-0,009X_2. Hasil temuan ini berkontribusi pada pemahaman tentang berbagai faktor yang membentuk hasil belajar matematika, menambah wawasan yang baik kepada siswa, membuat kebijakan dan peneliti lainnya.
Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika
This study aimed to determine the effect of mathematics logical intelligence on mathematics learning achievement the effect of learning motivation on mathematics learning achievement, and the effect of mathematics logical intelligence and learning motivation on mathematics leartung achievement of class XI students at SMK Negeri 2 Tarakan Employing a quantitative research approach with an associative framework, the study utilized a survey method to investigate this dynamic interplay A population of class XI students was the focal point, with 235 students selected through a cluster random sampling technique The study harnessed a multi-faceted data collection approach, incorporating tests. questionnaires, and documentation Rigorous analysis techniques, including descriptive statistics, inferential statistics, simple Imear regression analysis, and multiple linear regression analysis, were applied to scrutinize the amassed data The results unveiled a partially significant effect of mathematics logical intelligence on mathematics learning achievement (Y=51,262-0,922 X_1) among class XI students of SMK Negeri 2 Tarakan. In contrast, learning motivation displayed no partial significance 110 influencing mathematics learning achievement (Y=42,147+0,000 X_2) Intriguingly, the study identified no simultaneous significant effect when both mathematics logical intelligence and learning motivation were considered together or simultaneousness (Y=51,804-0,923 X_1-0,009X_2) These findings contributed to an understanding of the nuanced factors shaping mathematics learning achievement, offering valuable insights for educators policymakers, and researchers in the field. Keywords: Mathematics Logical Intelligence, Learning Motivation, Mathematics Learning Achievement