Analisis Jenis Tindak Tutur Lokusi Dan Ilokusi Dalam Percakapan Online-Shop Di Facebook Pada Forum Jual Beli Tarakan (Kajian Pragmatik) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Jenis Tindak Tutur Lokusi Dan Ilokusi Dalam Percakapan Online-Shop Di Facebook Pada Forum Jual Beli Tarakan (Kajian Pragmatik)

Analisis Jenis Tindak Tutur Lokusi Dan Ilokusi Dalam Percakapan Online-Shop Di Facebook Pada Forum Jual Beli Tarakan (Kajian Pragmatik)

Pengarang : Cica Mariani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti lebih dalam tuturan pada online shop di akun Facebook berdasarkan dari setiap jenis tindak tutur lokusi dan ilokusi sebagai penanda dari data yang di peroleh oleh peneliti melalui kajian Pragmatik. Metode di gunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif dengan deskriptif. Data dalam penelitian yang diperoleh peneliti berupa kalimat yang dituturkan antara penjul dan pembeli. Sumber data penelitian ialah tuturan yang berasal dari sumber tidak lisan dengan memanfaatkan akun Facebook. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, tuturan kedua mitra tutur antara penjual dan pembeli memuat data tindak tutur lokusi dan ilokusi berdasarkan pengklasifikasiannya masing-masing yang di analisis peneliti berdasarkan data tersebut. Hasil yang di peroleh disimpulkan bahwa tuturan yang disampaikan dari penutur kepada lawan tutur berdasarkan konteks dapat mempengaruhi adanya untuk melakukan berkomunikasi dan menghasilkan efek yang dilakukan. Maka dari data yang diperoleh oleh peneliti lebih dominan kepada tindak tutur lokusi interogatif sebanyak 11 data dibandingkan dengan data lainnya.

Kata Kunci: Facebook, Tindak Tutur, Lokusi, Ilokusi, Pragmatik.

This research aims to examine the speech in online shops on Facebook accounts based on each type of locutionary and illocutionary speech acts as markers through pragmatic studies. The method is descriptive qualitative research. The data of the research is in the form of sentences spoken between the seller and the buyer. The research data source is speech originating from non-verbal sources using a Facebook account. Based on the research data, the speech of the two speech partners, the seller and the buyer, contains data on locutionary and illocutionary speech acts based on their respective classifications, which the researchers analyzed based on this data. It can describe that locutionary speech acts are state facts or the truth of the information. Meanwhile, illocutionary speech acts are stating and doing something that creates what is done between the seller and the buyer. The result conclude that the speech conveyed from the speaker to the interlocutor based on context can influence the ability to communicate and produce the effect that is carried out. Therefore, the data is more dominant in interrogative locution speech acts as much as11 data compared to other data because this data provides many questions from each prospective buyer, which creates a desire to know the answers from the seller. Keywords: Facebook, Speech Acts, Locution, Illocution, Pragmatics

Detail Informasi