
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Siptiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kontekstual terhadap kemampuan berpikir reflektif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di SMP Negeri 3 Tarakan. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Tarakan. Instrumen penelitian ini adalah berupa soal tes uraian berjumlah sepuluh soal berpikir reflektif terkait materi zat aditif dan adiktif. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII-1 sebanyak 31 orang dan VIII-2 sebanyak 32 orang dengan penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test, diperoleh hasil dengan nilai signifikan 0.03, yang artinya nilai Sig ≤ 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif peserta didik di SMP Negeri 3 Tarakan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Berpikir Reflektif
This study aims to determine the effect of the Contextual learning model on the reflective thinking ability of class VIII students at SMP Negeri 3 Tarakan. This research was conducted in the odd semester of the 2022/2023 school year at SMP Negeri 3 Tarakan. The type of research was quasi-experiment, with the research design using Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. The population was all grade VIII students at SMP Negeri 3 Tarakan. The instrument of this research was a description test question totaling ten reflective thinking questions related to additive and addictive substance material. The research sample was VIII1 class students, as many as 31 people, and VIII-2, as many as 32 people, with sample determination using the Purposive Sampling technique. The data were analyzed using the independent sample t-test, and the results were obtained with a significant value of 0.03, which means that the Sig value S 0.05, Ha was accepted, and HO was rejected. Based on the hypothesis, it showed a significant influence of the use of contextual learning models in improving students' reflective thinking skills at SMP Negeri 3 Tarakan. Keywords: Contextual Learning Model, Reflective Thinking Ability