
Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Dengan Konten Isu Sosiosaintifik Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Di SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Reza Marsela Novita Tandi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Model pembelajaran treffinger adalah model yang dapat didukung dengan
konten isu sosiosaintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
yang dibutuhkan oleh siswa pada abad ke 21 saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger dengan
konten isu sosiosaintifik terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa di SMP
Negeri 3 Tarakan. Metode penelitian dengan metode Eksperimmen dengan bentuk
eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan desain Nonequivalent control group.
Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII 8 dan kelas VIII 9 yang
berjumlah 64 orang di SMP Negeri 3 Tarakan dengan penentuan sampel
menggunakan Teknik purposive sampling. Data diambil berdasarkan hasil tes
keterampilan pemecahan masalah siswa dalam bentuk soal uraian. Hasil penelitian
dari signifikansi uji anacova yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 dimana dari kedua
kelas tersebut dilakukan perlakuan yang berbeda maka H0 diterima. Maka dapat
dikatakan bahwa model pembelajaran treffinger dengan konten isu sosiosaintifik
berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. dikarenakan model
treffinger memberikan pembelajaran yang kreatif pada pengembangan aktivitas dan
pengembangan keterampilan pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Treffinger, Keterampilan Pemecahan Masalah.
Treffinger learning model is a model that can be supported by socioscientific issue content to improve student higher-order thingking skills in the century today. This study aimed to determine whether was an influence of the Treffinger learning model with socioscientific issue content on the problem-solving skills of students at SMP Negeri 3 Tarakan. The research method used Experiment method with Quasy experimental with Nonequivalent control group design. The subjects in this research were 64 students of grade VIII-8 and VIII-9 at SMP Negeri 3 Tarakan by determining samples using purposive sampling techniques. Data was obtained based on the results of studens problem-solving skills tests in the significance of Anacova test were 0.000 smaller than 0.05 where from the two classes different treatments were carried out, which means that H0 was accepted. Therefore, it can be concluded that the Treffinger learning model with socioscientific issue content affective the student problem-solving skills because the Treffinger model provided creative learning on the development of activities and student problem-solving skills. Keywords: : Treffinger Learning Model, Problem Solving Skills.