Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Penggunaan Konteks Etnomatematika Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Penggunaan Konteks Etnomatematika Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 5 Tarakan

Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Penggunaan Konteks Etnomatematika Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Andi Ismahani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pembelajaran matematika dengan menggunakan sumber belajar yang konkrit dapat membuat proses pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna. Salah satu sumber belajar yang memungkinkan siswa mendapatkan sumber yang konkrit adalah etnomatematika. Etnomatematika dapat disesuaikan dengan budaya siswa, salah satunya adalah konsep matematika yang berkaitan dengan kebudayaan berbentuk benda atau artefak untuk dijadikan sumber atau media belajar geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas VIII jika etnomatematika dijadikan konteks dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali informasi dari siswa untuk menyelidiki dan menganalisis secara mendalam bagaimana persepsi siswa apabila etnomatematika dijadikan konteks dalam pembelajaran matematika di sekolah. Informasi yang didapatkan dianalisis kemudian dideskripsikan untuk menyimpulkan yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa setuju jika penggunaan unsur budaya atau etnomatematika lebih banyak diterapkan di dalam kelas karena siswa merasa tertarik dan lebih mudah paham.

Kata Kunci: Etnomatematika, Konteks Pembelajaran, Persepsi

Learning mathematics by using concrete learning resources can make the mathematics learning process more meaningful. One of the learning resources that allows students to get concrete resources is ethnomathematics. Ethnomathematics can be adapted to the culture of students, one of which is mathematical concepts related to the culture in the form of objects or artifacts to be used as a source or learning media for geometry. The purpose of this study was to describe the eight graders' perceptions if ethnomathematics was used as a context in learning mathematics at SMP Negeri 5 Tarakan. This research was qualitative research with a case study approach. Data collection was done by digging up information from students to investigate and analyze in depth how students' perceptions if the ethnomathematics was used as a context in learning mathematics at the school. The information obtained was analyzed and then described to draw a conclusion in accordance with the research objectives. The results showed that students agreed if the use of cultural elements or ethnomathematics was more widely applied in the classroom because students felt interested and understood more easily. Keywords: Perception, Ethnomathematics, Learning Contexts

Detail Informasi