
Identifikasi Faktor Penghambat Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah Di SD Negeri 007 Mamburungan Tarakan
Pengarang : Lisa Arinda Indriyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman adalah kesanggupan siswa untuk memahami suatu bacaan yang meliputi kesanggupan memahami makna kata, makna kalimat, isi pokok paragraf, dan isi bacaan sehingga dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Penghambat Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah yang dialami siswa kelas 2-A SD Negeri 007 Mamburungan Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi siswa, lembar wawancara siswa, lembar wawancara guru, dan dokumentasi. Sebanyak 6 siswa kelas 2-A yang menjadi partisipan dalam penelitian dan mengikuti observasi dan wawancara yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa memang faktor penghambat membaca siswa yang berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi faktor fisik: kelancaran berbicara (gagap), afasia (kesulitan dalam menggunakan kata-kata serta keterlambatan bicara), alat penglihatan seperti gangguan pada mata atau rabun dekat dan rabun jauh intelektual: daya ingat siswa sangat dibutuhkan untuk menghafal huruf dan beberapa siswa yang memiliki daya ingat rendah seperti ketelitian untuk memahami teks terkadang siswa salah mengucapkan huruf saat mengeja, psikologis: siswa dapat mempengaruhi kemajuan kemampuan membaca seperti motivasi yang merupakan faktor kunci dalam membaca minat siswa dalam untuk rajin membaca. sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan rumah. Dimana kesulitan membaca yang dialami siswa antara lain “ siswa sulit membaca karena penglihatan kurang jelas, daya ingat siswa sangat kurang saat menceritakan kembali buku baca yang dipilih, motivasi membaca siswa sangat kurang. Di dalam lingkungan sekolah siswa didukung penuh oleh wali kelas dalam pembelajaran membaca sedangkan di dalam lingkungan rumah siswa tidak di dukung sepenuhnya oleh orang tua dikarenakan ada beberapa orang tua yang buta huruf dan sibuk dalam bekerja.
Kata Kunci: Faktor Penghambat, Kemampuan Membaca, Kelas Rendah
Reading skill is a student's ability to understand the reading text, which includes the ability to comprehend the meaning of words, the meaning of sentences, the main idea of paragraphs, and the substance of reading so that it may be effectively communicated to the readers. This study aimed to identify the elements that lower- class students at SD Negeri 007 Mamburungan Tarakan encounter that hindered their ability to read. Qualitative descriptive research was used in this study. Student observation forms, student interview forms, teacher interview forms, and documentation were used for data collection, Six students in grades 2-A participated in the study and the offered observations and interviews. The findings of this study showed that both internal and external influences might interfere with students' ability to read. Physical variables that affected speech fluency (stuttering). aphasia (difficulty using words and speech delays), and visual aids like nearsightedness and farsightedness were examples of internal influences Intellectually, students must memorize letters, and some students with poor memory struggled with comprehension of text and occasionally pronounced letters incorrectly when spelling. Psychologically, students could affect the development of reading skill through factors like motivation, which was a crucial component of students' interest in reading intently. The home environment and school environment were examples of external variables. The homeroom teacher completely supported students' efforts to learn to read in a school setting. Teachers also made time to assist students who were having problems in reading Teachers often assisted students by setting aside time at the conclusion of the class for those who still could not read. Meanwhile, because some parents were illiterate and overworked, students did not receive the full support of their parents at home. Keywords: Factors Inhibiting Low Grade Reading Ability