
Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Pengarang : Linda Febrianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Media pembelajaran berupa permainan mampu memberikan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Namun guru cenderung hanya sering memanfaatkan buku paket serta lembar kerja siswa (LKS). Selain kurangnya inovasi yang dilakukan oleh guru, kurangnya ketersediaan media pembelajaran di sekolah membuat pembelajaran di kelas cenderung monoton dan menyebabkan siswa kurang fokus khususnya pada pembelajaran matematika materi bangun datar yang disampaikan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran monopoli pada materi bangun datar siswa kelas IV Sekolah Dasar yang layak dan menarik bagi siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi yang dilakukan kepada ahli media diperoleh nilai persentase (NP) sebesar 80% dengan kategori layak. Sedangkan hasil validasi dari ahli soal, ahli bahasa dan ahli praktisi diperoleh nilai persentase (NP) sebesar 93,3%, 97,1%, 98,8% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi tersebut media pembelajaran yang dikembangkan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Adapun hasil angket respon terhadap ketertarikan siswa pada media pembelajaran yang dikembangkan menunjukan kategori sangat tertarik dengan nilai persentase (NP) pada uji coba terbatas sebesar 86%, sedangkan untuk uji coba penuh didapatkan nilai persentase (NP) sebesar 91%. Berdasarkan hasil penelitian ini, media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan kedepannya dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran guna menyampaikan materi dengan mudah ke siswa serta menjadi gambaran untuk guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Monopoli, Bangun Datar
Learning media based on games can provide a pleasant learning atmosphere for students. However, teachers tend to use textbooks and student worksheets (LKS). Apart from the lack of innovation carried out by teachers, the lack of availability of learning media in schools means that learning in class tends to be monotonous and causes students to lack focus, especially in mathematics learning about two- dimensional figure material presented in class. This study aimed to produce a monopoly learning media product on two-dimensional figures for fourth-grade elementary school students with a category that is appropriate and attractive to students. The type of research used is Research and Development (R&D) using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results of the validation carried out on media experts obtained a percentage value (NP) of 80% with the appropriate category. Meanwhile, validation results from question experts, linguists, and practitioner experts obtained percentage values (NP) of 93.3%, 97.1%, and 98.8% in the high appropriate category. Based on the validation results, the learning media developed is suitable for learning media. The results of the response questionnaire regarding students' interest in the learning media being developed showed that the category was very interested with a percentage value (NP) in the limited trial of 86%, while for the full-trial, the percentage value (NP) was 91%. Based on the results of this research, it is hoped that the learning media developed can be used as a learning tool to convey material easily to students and become an illustration for teachers in developing fun learning media for students in the future. Keywords: Learning Media, Monopoly, Two-Dimensional Figure