
Hubungan Penggunaan Aplikasi Wattpad Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Monica Ratu Agan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan aplikasi wattpad terhadap minat baca siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional, yaitu penelitian dengan penilaian hubungan antara dua atau lebih fenomena. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Tarakan sebanyak 30 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen dan teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ialah berupa angket. Sebelum menyebarkan angket, dilakukan tahap pembiasaan membaca cerita di aplikasi Wattpad selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran. Tujuannya agar meningkatkan pemahaman bacaan pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa skor untuk variabel X (penggunaan aplikasi Wattpad) secara keseluruhan mencapai 889 skor, sedangkan pada variabel Y (minat baca) mencapai 876 skor. Apabila rxy (nilai hitung) = 0,899 disignifikansikan dengan r tabel Product Moment dengan jumlah N = 30 pada taraf signifikan 5% = 0,361, ternyata nilai yang diperoleh melalui perhitungan lebih besar rhitung yaitu 0,899 > 0,361. Korelasi antara variabel X dengan variabel Y ialah 0,899 dengan interpretasi korelasi tinggi karena berada di antara 0,800 sampai dengan 1,00, sehingga apabila penggunaan aplikasi Wattpad semakin tinggi, maka semakin tinggi pula minat baca siswa. Sebaliknya, apabila penggunaan aplikasi Wattpad rendah maka semakin rendah pula minat baca siswa. Sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan aplikasi wattpad terhadap minat baca siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Tarakan.
Kata kunci: Media, Minat Baca, Aplikasi Wattpad
This study aims to establish the correlation between students of Class VIII-1 SMP Negeri 3 Tarakan and their utilization of the Wattpad application and their interest in reading. A quantitative correlational methodology has been employed to assess the association between these two phenomena. The participants in this study were 30 students from class VIII-1 of SMP Negeri 3 Tarakan, selected through purposive sampling. The primary tool employed to gather data was a questionnaire. Prior to distributing the questionnaire, a habituation period was implemented whereby students read stories on the Wattpad platform for 15 minutes. The aim of this exercise is to enhance the reading proficiency of students. According to the study findings, the overall score for variable X (using the Wattpad application) was 889, whereas the score for variable Y (reading interest) was 876. If the calculated value of rxy is 0,899 and this is significant according to the r Product Moment table for N=30 at a significance lever of 5% = 0,361, it can be cocluded that the calculated value is larger than the rcount, specifically 0,899 > 0,361. The correlation between variable X and variable Y is 0,899 indicating a strong positive relationship as it falls within the range of 0,800 to 1,00. Consequently, there is a positive correlation between students’ reading interest and their usage of the Wattpad application. Conversely, decreased usage of the Wattpad app is associated with lower student interest in reading. Therefore, it can be inferred that a substantial correlation exists between the use of the Wattpad application and the reading engagement of students in class VIII-1 SMP Negeri 3 Tarakan. Keywords: Media, Reading Interest, Wattpad APP