
Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Genap Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Dimensi Kognitif Taksonomi Anderson Di MTs Al-Khairaat Tarakan
Pengarang : Samsida - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal penilaian akhir semester genap pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan dimensi kognitif Taksonomi Anderson di MTs Al-Khairaat Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa soal penilaian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII, VIII dan IX. Sumber data penelitian diperoleh dari soal penilaian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII, VIII dan IX pada Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan dimensi kognitif dan merujuk pada kata kerja operasional dimensi kognitif Taksonomi Anderson. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa soal penilaian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2022/2023 terdiri dari ranah kognitif C1, C2, C3, C4 dan C5. Tidak ditemukan soal dengan ranah kognitif C6, dan soal didominasi oleh ranah kognitif C2 (Memahami) sebanyak 34,2%. Persebaran soal pada kelas VII didominasi oleh ranah kognitif C2, kelas VIII didominasi oleh ranah kognitif C1, dan kelas IX didominasi oleh ranah kognitif C2. Persentase ranah kognitif pada soal kelas VII diperoleh C1: 30%, C2: 40%, dan C4: 30%. Soal kelas VIII diperoleh C1: 60%, C2: 30%, dan C5: 10%. Soal kelas IX diperoleh C1: 10%, C2: 32,5%, C3: 20 %, C4: 30%, dan C5: 7,5%.
Kata Kunci : Analisis Soal, Dimensi Kognitif, Taksonomi Anderson
The present reseach aimed at analyzing final assesment questions for the even semester in the Indonesian language subject based on the cognitive dimension of Anderson’s Taxonomy at MTs Al-Khairaat Tarakan. The research employed a descriptive qualitative method. The dataset comprised the final assessment questions for the even semester in the Indonesian language subject form classes VII, VIII, dan IX in the 2022/2023 academic year. Data collection involved interviews and documentation. The analysis applied Anderson’s Taxonomy cognitive dimension, referencing operasioanal verbs for a comprehensive understanding. The reseach findings higlighted a diverse distibution of cognitive domains in the Indonesian language assessment for the even semester of the 2022/2023 academic year revealing a comprehensive distribution across cognitive domains C1, C2, C3, C4 dan C5. No questions were found with the C6 cognitive domain. The predominant cognitive domain was C2 (Understanding), constituting 34,2% of the questions. The distribution varied across class levels: Class VII featured a dominance of C2. Class VIII leaned towards C1, and Class IX exhibited a preeminence of C2. This detailed breakdown elucidated the percentage distribution of cognitive domains in questions across diferent classes, offering insights into the emphasis on various cognitive levels in each greade. In Class VII, the distribution was that C1: 30%, C2:40%, and C4:30%. For Class VIII, the breakdown was C1: 60%, C2: 30%, and C5: 10%. In Class IX, the distribution was C1: 10%, C2: 32,5%, C3: 20%, C4:30%, and C5: 7.5%. Keywords : Question Analysis, Cognitive Dimensions, Anderson's Taxonomy