Identifikasi Kemampuan Geometri Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Teori Van Hiele Dan Perbedaan Gender Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Kemampuan Geometri Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Teori Van Hiele Dan Perbedaan Gender Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Identifikasi Kemampuan Geometri Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Teori Van Hiele Dan Perbedaan Gender Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Desy Ranita Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan geometri berdasarkan teori Van Hiele dan perbedaan gender siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini ada 25 siswa yang mengikuti tes tertulis dengan materi bangun ruang sisi lengkung. Data yang dikumpulkan dengan tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan geometri siswa dan mengetahui level berpikir geometri berdasarkan teori Van Hiele pada materi bangun ruang sisi lengkung. Wawancara dilakukan setelah mendapatkan data dari tes tertulis dan ditujukan kepada seluruh siswa untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang kemampuan geometri siswa berdasarkan teori Van Hiele pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa level berpikir geometri siswa secara keseluruhan yaitu level 0 (visualisasi) sebesar 72%, pada level 1 (analisis) sebesar 18%, dan tidak ada siswa yang mencapai level 2 (deduksi informal) dan 3 (deduksi). Level berpikir siswa perempuan yaitu level 0 (visualisasi) sebesar 77%, pada level 1 (analisis) sebesar 23%, dan tidak ada siswa yang mencapai level 2 (deduksi informal) dan 3 (deduksi). Level berpikir siswa laki-laki yaitu level 0 (visualisasi) sebesar 66,7%, pada level 1 (analisis) sebesar 33%, dan tidak ada siswa yang mencapai level 2 (deduksi informal) dan 3 (deduksi). Dan tidak ada perbedaan pencapaian level berpikir geometri antara siswa laki-laki dan siswa perempuan berdasarkan teori Van Hiele pada materi bangun ruang sisi lengkung.

Kata Kunci: Kemampuan Geometri, Teori Van Hiele, Perbedaan Gender, Bangun Ruang Sisi Lengkung

Research conducted on even semester of learning year 2017/2018. This research aims to determine the ability of geometry based on Van Hiele theory and gender differences of students of class IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan on the building of curved side space. The type of this research is descriptive quantitative. In this study there are 25 students who are taking a written test with the material to build a curved side room. Data collected with written test and interview. Written test used for identify the ability of Geometry based on Van Hiele's theory on building the curved side space. The interview was conducted after the data from the results of research and measurement to all students for more information about the ability of students' geometry based on Van Hiele theory on the building of curved side space. The result of the research shows that level of students’ geometry thinking overall is level 0 (visualization) of 72%, at level 1 (analysis) of 18%, and no students reach level 2 (informal deduction) and 3 (deduction). Female mastery level is level 0 (visualization) equal to 77%, at level 1 (analysis) equal to 23%, and no student reach level 2 (informal deduction) and 3 (deduction). The level of thinking of male students is level 0 (visualization) of 66.7%, at level 1 (analysis) of 33%, and no students reach level 2 (informal deduction) and 3 (deduction). And there is no difference in the level of geometric thinking between male and female students based on Van Hiele's theory on the building of curved side spaces. Keywords: Geometry ability, Van Hiele Theory, Gender Differences, Build Curved Sided Space

Detail Informasi