Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Ayu Wahyuni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan tingkat kemampuan spasial; mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif; dan untuk mengetahui pengaruh kemampuan spasial terhadap kemampuan berpikir kreatif; pengaruh kemampuan spasial terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi bangun ruang kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah 8 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster sampling dan diperoleh 155 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes, dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistika deskriptif dan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukan kemampuan spasial siswa pada frekuensi tertinggi berada pada kategori cukup sebesar 37,42%. Kemampuan berpikir kreatif siswa siswa pada frekuensi tertinggi berada pada kategori cukup sebesar 40,64%. Hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan spasial terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan p-value 0,001. Terdapat pengaruh secara simultan antara kemampuan spasial terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi abngun ruang siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan sebesar 7% dengan persamaan regresi ? = 4,597 + 0,077.

Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Kemampuan Berpikir Kreatif

The research aims to: Describe the level of spatial ability; to describe the ability of creative thinking; and to determine the influence of spatial ability to The Ability of Creative Thinking in Geometry In Space at the Ninth grade students of SMP Negeri 5 Tarakan. The method that used in this research was quantitative research design by survey method. There was eight class that being the population in this research. The sample was taken by cluster sampling technique and consists of 155 students. To obtain the data, the researcher gives the test and collecting documentation. The data was analyzed using descriptive statistic method and simple linear regression analysis. The results showed students' spatial ability at the highest frequency was in sufficient category of 37,42%. Students’ creative thinking ability at the highest frequency was in sufficient category of 40,64%. The result of multiple linear regression analysis showed that there was influence of spatial ability toward creative thinking ability with p-value 0,001. There was simultaneous influence between spatial ability to creative thinking ability of Geometry at the Ninth Grade Students of SMP Negeri 5 Tarakan by 7% with regression equation ? = 4,597 + 0,077X. Keyword: Spatial Ability, Creative Thinking Ability

Detail Informasi