
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Zulkarnain - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Tarakan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di MTs Negeri Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi xperimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Negeri Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-a sebagai kelas eskperimen dan kelas VIII-b sebagai kelas kontrol, sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data analisis mengunakan analisis deskriptif untuk mencari rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa serta simpangan bakunya dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis.
Hasil analisis deskriptif menunjukkanbahwa skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 18,70 dengan standar deviasi 2,053. Dan skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol adalah 15,22 dengan standar deviasi 2,293. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0,00. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,00< 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray (TSTS), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
The objective of this study is to find out the effect of cooperative learning model Two Stay Two Stray (TSTS) type on the ability of Understanding of Mathematics Concept Eight Grade Students of MTs Negeri Tarakan. This research was held in even semester academic year 2017/2018 in MTs Negeri Tarakan. The type of research is quasi experimental by posttest only control design. The population of this study all the eight grade of MTs Negeri Tarakan. The sample of this study is VIII-a as an experimental class and VIII-b as a control class, samples were taken by using simple random sampling. This study used test in collecting the data. Data were analyzed by statistic descriptive for find the mean and standart deviation andanalyzed by statistic inferensial for testing the hipotesis. The result of descriptive analysis show that the means of Understanding of Mathematics Concept for experimental class is 18,70 and the Mean of mathematic students communication of control class is 15,22. While, based on the independent sample t-test analyze result with 5% of significan level (? = 0,05) obtained significan value (1 – tailed) is 0,00. It means that H0 was rejected. It can be concluded that cooperative learning model Two Stay Two Stray (TSTS) type had effected to the students ability of Understanding of Mathematics Concept of eight grade at MTs Negeri Tarakan. Keywords: Cooperative Learning, Two Stay Two Stray (TSTS), Understanding of Mathematics Concept Skill