
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 27 Berau
Pengarang : Yedi Siswanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 27 Berau.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakanpada tanggal 21 september sampai dengan 10 oktober. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 27 Berau yang berjumlah 28 siswa. Data diperoleh menggunakan lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata–rata lembar observasi kegiatan siswa pada siklus I yaitu 2,63 pada kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 3,16 pada kategori sangat baik. Hasil rata-rata lembar observasi kegiatan guru pada siklus I diperoleh 2,66 pada kategori tinggi dan pada sklus II meningkat menjadi 3,40 pada kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 64,29% siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 71,42% siswa yang tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 27 Berau.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament
This study aims to increase mathematics learning outcomes through a cooperative learning model, type teams games tournament (TGT) on the students of class VIII-A, Public Junior High School 27 of Berau. The type of the study is classroom action research (CAR) which was held on the september 21st to october 10th. The subject of the study is the students of class VIII-A, Public Junior High School 27 of Berau which amounted to 28 students. The data were obtained using observation sheets of student activities, observation sheet of teacher activity and the test of learning outcomes. Based on the result of the study, the average observation sheets of students activity in the first cycle is 2.63 on the good category and in the second cycle increased to 3.16 on the very well category. The average result of observation sheet of teacher activity in the first cycle is 2.66 on the high category and in the second cycle increased to 3.40 on the very high category. The student learning outcomes in the first cycle is 64.29% of students who completed and in the second cycle increased to 71.42% of students who completed. Based on the results of the study can be concluded that by using A cooperative learning model, Type Teams Games Tournament (TGT) can increase mathematics learning outcomes on the students of class VIII-A, Public Junior High School 27 of Berau. Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Cooperative Learning Model, Type Teams Games Tournament