Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematika Secara Tertulis Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematika Secara Tertulis Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan

Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematika Secara Tertulis Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Widya Wulandari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika secara tertulis ditinjau dari perbedaan jenis kelamin siswa kelas VIII di MTS Negeri Tarakan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Negeri Tarakan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data kemampuan komunikasi menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika dan wawancara. Teknis analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman untuk kemampuan komunikasi matematika secara tertulis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing jenis kelamin siswa yaitu Kemampuan komunikasi matematika secara tertulis pada siswa laki-laki berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dapat dikatakan cukup baik. Pada umumnya kemampuan komunikasi matematika secara tertulis siswa laki-laki pada indikator written text masih kurang memperhatikan apa yang diketahui dan diperintahkan soal sehingga dalam membuat model situasi dengan menggunakan tulisan, aljabar dan bahasa sendiri untuk penjelasan ide siswa masih ada yang tidak paham. Pada indikator drawing siswa laki-laki sudah membuat gambar sesuai situasi meskipun terdapat dalam membuat gambar masih kurang dengan penjelasan. Pada Indikator mathematical expression siswa laki-laki dapat memodelkan permasalahan namun masih ada sedikit kesalahan. Sedangkan Kemampuan komunikasi matematika secara tertulis pada siswa perempuan berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dapat dikatakan cukup baik. Pada umumnya kemampuan komunikasi matematika secara tertulis siswa perempuan pada indikator written text sudah memperhatikan apa yang diketahui dan diperintahkan soal sehingga dalam membuat model situasi dengan menggunakan tulisan, aljabar dan bahasa sendiri untuk penjelasan ide sehingga siswa dapat menuliskannya dengan tulisan, aljabar dan bahasa sendiri. Pada indikator drawing siswa perempuan sudah membuat gambar sesuai situasi meskipun terdapat dalam membuat gambar masih kurang dengan penjelasan. Pada Indikator mathematical expression siswa perempuan dapat memodelkan permasalahan namun masih ada sedikit kesalahan.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, dan Jenis Kelamin Siswa

This study aims to determine the ability of mathematical communication in writing in terms of differences in gender of VIII grade students in MTS Negeri Tarakan. The subject of this research is the students of class VIII in MTS Negeri Tarakan academic year 2018/2019. This research is a qualitative descriptive study. Data collection methods for communication skills use tests of mathematical communication skills and interviews. The technical analysis used is qualitative analysis techniques according to Miles and Huberman for written mathematical communication skills. The results of this study indicate that each student's sex, namely written communication skills in high, medium and low ability male students can be said to be quite good. In general, the written communication skills of male students in written text indicators still do not pay attention to what is known and instructed about the problem so that in making a situation model using writing, algebra and their own language for ideas explanation students still do not understand. In the drawing indicator the male students have made the picture according to the situation even though there is a picture that is still lacking with an explanation. In mathematical expression indicators male students can model problems but there are still a few errors. While the ability to write mathematical communication in high, medium and low ability female students can be said to be quite good. In general, the written ability of mathematical communication in female students to the written text indicator has paid attention to what is known and instructed about the problem so that in creating a situation model using writing, algebra and their own language for explanation of ideas so students can write it in writing, algebra and their own language. In the drawing indicator the female student has made the picture according to the situation even though there is a picture that is still lacking with an explanation. In mathematical expression indicators female students can model problems but there are still some errors. Keywords: Ability of Mathematical Communication, and Student Gender

Detail Informasi