Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sikap Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sikap Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan

Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sikap Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan

Pengarang : Susanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan sikap percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2018 di SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan regresi ganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar siswa kelas XI SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan berada pada kategori tinggi sebesar 29,41%, rata-rata sikap percaya diri berada pada kategori rendah sebesar 32,35%, dan hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup sebesar 64,71%. Hasil analisis inferensial secara simultan menunjukkan terdapat pengaruh kemandirian belajar dan sikap percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan sebesar 58,3%, dengan persamaan regresi Y = 12,666 + 0,735X1 + 0,066X2.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar Matematika

The aims of this research todetermine the influence of independence and self confidance towards mathematics learning achievement of class XI SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan.This research was conducted onAugust 25 2018 in SMK Terpadu Citra Bangsa Tarakan. The type of this research is a quantitative research with survey method. The population of this research is all of students class XISMK Terpadu Citra BangsaTarakan.Samples of this research were 26 studentstaken using saturation sampling technique.Data collection technique in this research is by spreading the questionnaire and collect documentation. Data were analyzed usingdescriptive and inferential statistic analysis. Descriptive analysis includes the average and standard deviation. Inferential analysis using multiple linear regression with the help of software SPSS 23.0 for windows. The result of descriptive analysis show that the average of students learning independence class XI SMKTerpadu Citra Bangsa Tarakan was in high category amounted to29,41%,the average of students self confidance in low category amounted to 32,35%, and the result of students’ mathematics learning achievement was in enough category amounted 58,3%. Inferential analysis result showed that there is influence of independence and self confidance toward students mathematics learning achievement of class XISMK Terpadu Citra BangsaTarakan amounted to 58,3%with the equation of regression Y = 12,666 + 0,735X1 + 0,066X2. Keywords: Independence Learning, self confidance, Mathematic Learning Achievement

Detail Informasi